Bekasi Online

VP Termuda Banggakan PT Pertamina Patra Niaga

Mobil Tanki BBM secara Tematik Pertama di dunia. [Posbekasi.com /IST]
POSBEKASI.COM | JAKARTA – Kreativitas dan penuh ide jadi ciri khas anak ini. Alumni SMAN 1 Jakarta yang lulus pada 1989 itu, ingin mengenang sebuah peristiwa yang menorehkan nama harum bagi Indonesia dan peristiwanya itu sudah berlalu delapan tahun, tepatnya pada 21 Maret 2013. Hari itu, PT. Pertamina Patra Niaga dinobatkan sebagai perusahaan dengan katagori “Best Logistic and Trading – Structure Trade Finance Solution” se-Asia Pacific yang diserahkan di Hotel Four Season Hongkong. Wahyu Taqwa Dhie dengan Batik Nusantara kebanggannya menerima penghargaan itu dalam kapasitas sebagai VP Corporate Treasury di PT. Pertamina Patra Niaga (saat itu merupakan salah satu VP termuda di lingkungan Pertamina Group).

Bagi kawan-kawannya Wahyu Taqwa Dhie dikenal sebagai Wahyu Kumis yang juga Ketua Alumni Boedoet (SMAN 1 Jakarta) Angkatan 89. Saat itu, tepuk tangan meriah dari para Banker Internasional se-Asia Pasifik mengiringi Wahyu saat menerima penghargaan itu.

Pencapaian tersebut merupakan kerja tim yang diawali dari ide berdasarkan pengalaman dan kompetensi Wahyu Kumis yang saat itu menjabat sebagai VP Corporate Treasury di PT. Pertamina Patra Niaga yang merupakan VP termuda di lingkungan Pertamina Group, harus memberikan value serta kemudahan dalam bertransaksi import dan trading BBM apabila plafond fasilitas Letter of Credit nya sudah penuh.

KLIK : Boedoet 89: Tragedi Boedoet Kelabu & Kebersamaan Jiwa Korsa Mereka Kini

Dari situlah maka Wahyu Kumis berpikir dan beride untuk membuat satu Skim khusus yang dapat disosialisasikan serta dinegosiasikan kepada para vendor BBM di luar negeri dan di dalam negeri agar mekanisme pembayarannya dapat diterima dengan tanpa menggunakan Letter of Credit (namun tetap dipadukan secara trade finance secara lazimnya). Kata kunci Skim ini adalah meng-arrangement, memadukan, mengamankan, dan memenuhi kaidah perbankan.

Setelah semuanya firm, maka Wahyu Kumis pun mendaftarkan skema tersebut bersama salah satu bankernya pada ajang “The Asset – Asian Awards” di Hongkong. Hari-hari yang mencemaskan adalah saat dilakukan fit and proper, dimana tim The Asset Hongkong melakukan assessment kepada para vendors dan bank pelaksana.

Piagam “Best Logistic and Trading – Structure Trade Finance Solution” se-Asia Pacific. [Posbekasi.com /IST]
Di luar dugaan, ternyata Skim tersebut dapat diterima dan lulus uji, malahan dapat mengalahkan beberapa kandidat dari negara lain yang turut serta dalam ajang pemilihan tersebut. Saat proses assement berlangsung, Wahyu Kumis tidak lapor pada direksi, semata-mata jika gagal, itu hanya diketahuinya namun kalau ternyata bisa menang maka dia akan mempersembahkan sebagai kado istimewa di hari ulang tahunnya PT Pertamina Perta Niaga yang jatuh di tanggal 27 Februari 2013 itu. Jadi, selama proses assesment berlangsung, semua dilakukan silent operation. Sehingga, saat kabar penghargaan itu didapat langsung dilaporkan kepada Direktur Keuangan dan Direktur Utama saat itu. Sudah pasti bikin geger.

Hingga kemudian, dia pun diganjar dengan fasilitas Direksi berupa tiket Business Class dan hotel sesuai standar Direksi Pertamina di tempat acara berlangsung yaitu Hotel Four Season Hongkong. Namun, sebagai Anak Boedoet, Wahyu Taqwa Dhie sudah terbiasa hidup bersahaja dan tampil apa adanya, tawaran itu pun secara halus dan penuh sopan santun, ditampiknya.

Berbekal pengalamannya dalam bidang trading BBM tersebut, anak Boedoet 89 ini pun tidak tinggal diam dalam mengaplikasikan pengalamannya di sektor trading dan logistik BBM Industri saat menjabat sebagai VP pada Pertamina Group. Di dalam negeri, melihat market Kalimantan Timur atas kebutuhan BBM Industri yang begitu besar, maka Wahyu Kumis pun membuat keterpaduan antara aplikasi dan sarana logistik dalam satu kesatuan Aplikasi pembelian BBM Industri: Go!Fuel.

KLIK : Jalan Santai Ceria Boedoet 89 Mengenang Rute Perjuangan dan Adu Nyali ala Jaman SMA

Suatu aplikasi untuk melayani pesan antar BBM Industri dengan menggunakan aplikasi daring (aplikasi ini disahkan oleh Museum Rekor Indonesia sebagai aplikasi pelayanan BBM Industri Pertama).

Penggunaan Mobil Tanki BBM secara Tematik Pertama di dunia siap mengantar pemesanan melalui aplikasi Go! Fuel (Mobil Tanki Tematik ini telah disahkan oleh Museum Rekor Indonesia sebagai aplikasi pelayanan BBM Industri Pertama).

Sistem Go! Fuel sudah menjadi system komunitas dan andalan bagi para pengguna mesin dan alat berat serta industri pertambangan selama ini di Kalimantan Timur.[CACA]

BEKASI TOP