posbekasi.com

Polda Metro Bongkar Home Industri Gorilla Jaringan Jakarta – Bandung

Tersangka home industri narkoba jenis tembakau sintetis dan ekstasi jaringan Jakarta – Bandung – Sulawesi Selatan bersama barang bukti digelar di Mapolda Metro Jaya, Jumat (17/9/2021). [Posbekasi.com/Ismail]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Subdit I Psikotropika Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar jaringan home industry tembakau sintetis (sinte) Jakarta dan Bandung, serta Sulawesi Selatan. Polisi berhasil mengamankan enam tersangka, yakni P, AEP, GBS, ES, GR dan FR.

Dari tangan keenam tersangka disita barang bukti 4 kilogram tembakau sintetis dan 31 liter untuk bahan campuran tembakau tersebut. Tembakau yang memabukkan itu dijual para pelaku melalui media media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, hasil penyelidikan polisi membongkar home industry tembakau sintetis (sinte) di dua daerah Jakarta dan Bandung. “Ada dua home industry jenis tembakau sintetis atau tembakau gorilla,” ungkap Kombes Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (17/9/2021).

Diungkapkan Yusri, penangkapan pertama dilakukan terhadap tersangka P yang hendak mengirimkan 400 gram tembakau sintetis ke pemesannya. Kemudian dilakukan pengembangan dan menemukan 4 kilogram tembakau di apartemennya di Kemayoran, Jakarta Pusat. “Dikembangkan lagi berhasil mengamankan AEP dengan barang bukti 4,125 gram. Jadi AEP dan P ini kurir,” katanya.

Setelah ditelusuri lebih mendalam, penyidik kembali mengamankan ES, GR, dan RF serta GBS yang merupakan satu layer di atas para kurir. “Ini masih kita kejar lagi, masih didalami lagi, karena salah satu tersangka yang mengendalikan itu adalah napi Lapas di daerah Jawa Barat. Sementara yang kita bongkar ini home industry di Apartemen Galery dan satu lagi pabriknya di Ciampelas, Bandung,” tutur Yusri.

Selain itu, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya juga berhasil mengungkap jaringan peredaran ekstasi Jakarta-Sulawesi Selatan. Ribuan butir ekstasi yang hendak dikirim ke Sulawesi Selatan berhasil digagalkan.[ZUL/COK]

BEKASI TOP