posbekasi.com

PMI Gelar Lomba Kepalangmerahan Palang Merah Remaja

PMI Kabupaten Bekasi menggelar Lomba Kepalangmerahan unit PMR tingkat Madya dan Wira, di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Ahad 18 Desember 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menggelar Lomba Kepalangmerahan unit Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya dan Wira yang diikuti oleh perwakilan kontingen kecamatan se-Kabupaten Bekasi, yang berlangsung di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Ahad 18 Desember 2022.

Ketua PMI Kabupaten Bekasi, Akhmad Kosasih, mengatakan Lomba Kepalangmerahan ini merupakan ajang pengamalan Tri Bhakti PMR yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan karakter kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI di masa yang akan datang.

“Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepalangmerahan dari para pelajar atau PMR, untuk membentuk karakter yang sigap, tanggap dan tangguh. Serta sebagai wadah untuk mengevaluasi materi kepalangmerahan dan adu ketangkasan,” ucap Akhmad Kosasih.

Melalui lomba ini, kata Kosasih, diharapkan generasi muda bisa lebih meningkatkan jiwa kepedulian terhadap sesama, untuk saling menolong dan berguna bagi masyarakat.

Dengan semakin banyaknya generasi muda yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, semakin banyak juga sikap tolong menolong yang terbentuk tanpa membedakan satu dengan yang lainnya.

“PMR juga merupakan wadah organisasi remaja PMI yang nantinya akan memunculkan para relawan muda yang berkompeten,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Markas PMI Kabupaten Bekasi, Meyliany, menambahkan dalam Lomba Kepalangmerahan ini menggunakan sistem Traveling dengan tujuh mata lomba. Di antaranya adalah Lomba Gerakan Kepalangmerahan, Lomba Kepemimpinan, Lomba Pertolongan Pertama, Lomba Pendidikan Remaja Sebaya, Lomba Kesehatan Remaja, Lomba Ayo Siaga Bencana, Lomba Donor Darah Sukarela.

“Jadi lombanya berjalan dengan sistem traveling. Dimana setiap kelompok harus melewati pos-pos yang sudah kami sediakan, dengan tujuh mata lomba tersebut,” jelasnya.

Selain itu, pada acara ini juga dilaksanakan Lokakarya Manajemen PMR dan SIAMO untuk pembina PMR yang hadir dan Konferensi Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) perwakilan PMR se-Kabupaten Bekasi.

Dirinya berharap, seluruh anggota PMR tingkat Madya dan Wira se-Kabupaten Bekasi menjadi semakin kompak dan bisa melahirkan karakter pelajar Kabupaten Bekasi Makin Berani dan selalu Juara.

“Mudah-mudahan kegiatan perlombaan ini juga bisa dijadikan sebagai motivasi untuk mengembangkan pengetahuan yang lebih dalam tentang materi PMR sehingga mereka bisa menjadi modal terbaik bagi pemerintah daerah,” ujarnya.

Lomba Kepalangmerahan PMI Kabupaten Bekasi diikuti oleh PMR Unit Wira sebanyak 8 tim dan PMR Unit Madya sebanyak 7 tim dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

Mereka terdiri dari kontingen Kecamatan Babelan, Cibarusah, Cibitung, Cikarang Barat, Serang Baru, Setu, Tambelang, Tambun Selatan dan Kontingen Kecamatan Taruma Jaya.[*/YLA]

BEKASI TOP