Selain Banjir, Warga Kabupaten Bekasi Diimbau Waspadai Longsor

Ahmad Syaikhu pantau banjir awal tahun 2020. [POSBEKASI.COM/DOK Ahmad Syaikhu]

POSBEKASI.COM |CIKARANG – Warga Kabupaten Bekasi diimbau untuk mewaspadai terhadap bencana longsor di saat musim hujan.

Karena setiap kali musim hujan, banjir, dan longsor serta puting beliung menjadi bencana yang sering terjadi.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja meminta agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana banjir dan longsor agar waspada.

“Tingginya intensitas hujan akan terus berlangsung, seperti yang diperkirakan badan meteorologi dan geofisika (BMKG) dimana puncaknya terjadi di akhir Januari hingga awal Februari,” ucapnya di Cikarang, Selasa (14/1/2020).

Untuk di Kabupaten Bekasi, bencana banjir sudah dipetakan di antaranya, Kecamatan Muara Gembong, Cabangbungin, Sukakarya, Babelan, Tarumajaya, Tambun Utara, dan Cikarang Timur, bahkan kecamatannya bisa bertambah tergantung intensitas hujan yang mengakibatkan meluapnya sungai.

Sementara itu, untuk bencana longsor titiknya berada di wilayah selatan dan berdataran tinggi diantaranya Bojongmangu, Cibarusah, Cikarang Pusat, Setu, dan beberapa wilayah lainnya.

Menurutnya, dalam menghadapi bencana, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga telah menerapkan siaga 1 pada 1 November 2019 hingga 31 Maret 2020.

Berdasarkan catatan bencana di dalam masa siaga 1, untuk banjir sudah ada 14 kecamatan yang tergenang banjir, sementara untuk longsor belum ada.

Sumber : Dakta.com

Pin It

Comments are closed.