posbekasi.com

Pejabat Walikota Bekasi Terima Kunjungan Kerja Tim Komisi II DPR RI

Kunjungn kerja Tim Komisi II DPR RI ke Pemerintah Kota Bekasi, Kamis 7 Juni 2018.[IST]
BEKASI, POSBEKASI.COM –  Untuk mengetahui persiapan menghadapi pilkada serentak 2018 di Kota Bekasi, Tim Komisi II DPR RI berkunjung ke Pemerintah Kota Bekasi.

Penjabat Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah menerima langsung kunjungan Komisi II di Aula Nonon Sontanie Kantor Walikota Bekasi Jalan Ahmad Yani No 1, Kamis 7 Juni 2018.

Hadir Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Wakil Ketua Komisi II DPR RI sekaligus Ketua Tim, Mardani Ali Sera, bersama sejumlah anggota dan pegawai sekretariat DPR RI.

“Kunjungan kerja spesifik ke Kota Bekasi dalam rangka menjalankan fungsi dan tugas-tugas konstitusional komisi II DPR RI di bidang pengawasan dan sesuai hasil keputusan rapat internal komisi II DPR RI tanggal 21 Mei 2018 dan mengenai persiapan Pilkada Serentak 2018 di Kota Bekasi,” kata Zainudin Amali.

Diketahui Komisi II DPR RI membidangi tugas dalam negeri, sekretariat negara dan pemilu. Dalam tugasnya Komisi II DPR RI bermitra dengan 13 lembaga yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, Menpan RB, BKN, KPU, Bawaslu, Ombudsman, Sekretariat Kabinet, LAN, ANRI, Lembaga Staf Kepresidenan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Bidang Desa), dan Kementerian ATR/BPN.

KLIK : DWP Kota Bekasi Gelar Buka Puasa Bersama 106 Anak Yatim Piatu

Lanjut Zainudin Amali, kehadiran Tim Komisi II juga untuk mengetahui secara jernih persiapan pilkada serta berbagai saran untuk membantu dalam pembahasan di rapat komisi II dengan mitra kerja. Kata dia ada tiga fungsi DPR RI yakni fungsi pembuat UU, fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan.

“Terkait DPT, jumlah TPS, sosialisasi pemilu, netralitas ASN hingga bidang keamanan pemilu kita ingin tahu secara langsung di lapangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah saat menyambut tim Komisi II DPR RI didampingi para stake holder dalam tim desk Pilkada.

Juga hadir Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto, Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bekasi Novita Ulya Hastuti, Perwakilan Dandim O507, Kejaksaan Negeri Bekasi, Pengadilan Negeri Bekasi dan sejumlah pejabat Kota Bekasi.

Ruddy mengatakan pihaknya turut mendukung KPU sehingga mudah-mudahan Pilkada 2018 Kota Bekasi dalam memilih Walikota dan Wakil Walikota Bekasi sekaligus memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat bisa berlangsung lancar saat waktu pencoblosan pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kurang dari satu bulan ini, warga Kota Bekasi yang memiliki hak konstitusi akan memilih satu dari dua pasangan calon. Serta pemilihan Gubernur Jawa Barat yang memiliki 4 calon. Kita ingin nantinya berlangsung lancar dan jujur dan diperoleh partisipasi aktif warga hingga mencapai target bisa sampai 70 persen,” ungkap Ruddy.

Ia menambahkan Kota Bekasi terdiri dari 12 Kecamatan dan terbagi dalam 56 kelurahan. Data terakhir jumlah penduduk Kota Bekasi ada sebanyak 2.8 juta jiwa.

Sementara untuk data pemilih aktif yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.434.717 pemilih dan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disebar sebanyak 3030 TPS.

“Kami siap mendukung suksesnya Pilkada Serentak 2018 di Kota Bekasi didukung kondisi keamanan yang kondusif bersama unsur kepolisian dan TNI,” harap Ruddy.

Dalam kesempatan itu, dilakukan tukar menukar cinderamata antara Pj Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah dengan Ketua Komisi II DPR RI dan Ketua Tim Pengawas.

Diketahui, Pilkada di Kota Bekasi, Jawa Barat dipastikan diikuti oleh dua pasangan calon. Keduanya adalah petahana Dr Rahmat Effendi- Dr Tri Adhianto, dan Dr Nur Supriyanto-Dr Adhy Firdaus.[adv/humas]

BEKASI TOP