Special Graduation 5.0 SMK Telkom Bandung, Puluhan Siswa Raih Beasiswa dan Masuk PTN, 41 Sudah Mantab jadi Pekerja dan Pengusaha Sukses

Kepala Sekolah SMK Telkom Bandung, DR. Daduk Merdika Mansur, ST, MM, pada acara Graduation 5.0 sebanyak 336 siswa/siswi yang digelar secara virtual, Sabtu (25/7/2020).[IST]

POSBEKASI.COM | BANDUNG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telekom Bandung, Jawa Barat, menggelar Graduation 5.0 secara virtual lewat zoom. Wisuda angkatan ke-5 ini merupakan angkatan special.

“Angkatan ini merupakan angkatan yang special karena ada pandemi Covid-19. Boleh dibilang ini adalah lulusan yang special,” ungkap Kepala Sekolah SMK Telkom Bandung, DR. Daduk Merdika Mansur, ST, MM, saat mewisuda 336 terdiri dari 252 siswa dan 84 siswi dari tiga jurusan yang ada di SMK Telkom Bandung  yakni, jurusan Teknik Komputer Jaringan, jurusan Multimedia, dan jurusan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi, secara virtual dengan zoom, Sabtu (25/7/2020).

Meski dilakukan dengan virtual, Daduk merasa bersyukur bisa melepas angkatan ke-5 SMK Telkom Bandung dengan penuh makna.

“Alhamdulillah bisa melepas angkatan ke-5 ini penuh makna walau dilaksanakan secara virtual. Alhamdulillah and good luck my student and stay keep fighting spirit,” ucap Daduk.

Graduation viirtual ini diikuti para wali murid dari berbagai kota di Indonesia. Turut pula diikuti langsung Chairman Yayasan Pendidikan Telkom Dr. Dwi S. Purnomo, Ir., MM, Kepala Cabang Dinas 8, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dra. Hj Otin Martini, M.Pd, Operasional Senior Manager Konsumer Marketing Telkom Regional-3 Jawa Barat Hendrawan, ST, MM, guru wali kelas dan para pengajar dan staf SMK Telkom Bandung.

Kepada para orang tua wali murid, Daduk menyampaikan pihak sekolah sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, effort yang luar biasa dimana panitia ujian akhir mengawal berbulan-bulan try out UNBK sudah dilaksanakan 2 kali, simulasi 3 kali dan pemantapan UNBK selama 3 bulan.

“Bisa kita bayangkan, berapa effort dan biaya yang telah kita keluarkan. Tetiba pada hari H-1 ada pengumuman untuk meniadakan UNBK Ini merupakan scenario Allah terhadap kita semua untuk menjalani proses yang berbeda dengan tahun sebelumnya,” kata Daduk.

Mensikapi kondisi ini lanjut Daduk, SMK Telkom Bandung menjalankan strategy asesmen secara daring karena potensi penularan Covid-19 yang berbahaya bisa berdampak fatal.

“Sehingga kita menyelenggarakan Ujikom Online walaupun material untuk praktek sudah dibeli dan juga menyelenggarakan sertifikasi online untuk membekali putra putri kita agar memiliki kecukupan bekal skill dan kompetensi. Ini merupakan kewajiban kami selaku lembaga pendidikan untuk memenuhi program-program sebagai bagian pembekalan putra-putri kita,” kata Daduk.

Ucapan terima kasih para Wali Kelas XII SMK Telkom Bandung angkatan ke-5 dalam acara Graduation 5.0, Sabtu (25/7/2020).[IST]

Lebih lanjut Daduk menyatakan kita semua memang tergagap dengan adanya pandemi COVID 19 ini, wali murid mungkin perlu effort lebih untuk pengkondisian putra putrinya. Tidak kalah seru juga bapak dan ibu guru juga harus bekerja keras untuk menyiapkan materi yang akan di sampaikan secara daring. Pola komunikasinya juga berubah total. Sehingga semua bekerja keras untuk tetap menghadirkan program Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang lebih berkualitas dengan pola daring.

Pada kesempatan tersebut, Daduk melaporkan acara Graduation 5.0 mewisuda sebanyak 336 orang di antaranya ada yang sudah mendapat kelulusan dan beasiswa ke Telkom University sebanyak 10 orang (Opes) dan 33 orang jalur biasa, ITTS 2 orang dan ITTP 3 orang.

Kemudian beasiswa ke Universitas Nurul Fikri sebanyak 7 orang yakni,  Al Fatih Abdurahman Syah, Ibrahim Umar Al-Hafizh, Hafidz Fadhillah Shiddiq, Salma Afifah, Gisela Pradealpa, Salma Salsabillah, dan  Salwa Nabilla.

Untuk lulusan PMDK PTN di  Politeknik Negeri Bandung (Teknik Telekomunikasi) adalah Rizki Yahya kelas XII TKJ 2.

Dan lulus SNMPTN sebanyak tiga siswa yakni, Salman Wiryansyah kelas XII TKJ 2 diterima di Kampus Universitas Negeri Sebelas Maret jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Syeham Surya Abadi kelas XII MM 2 diterima di Kampus UIN Bandung jurusan Administrasi Publik, dan M.Afin Wirdiyansyah kelas XII MM 1 diterima di Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang jurusan Ilmu Komunikasi.

“Selain mendapat beasiswa dan diterimanya angkatan ke-5 ini di perguruan tinggi negeri, ada lagi yang sudah mantab menjadi pekerja dan pengusaha sebanyak 41 orang. Sisanya melanjutkan ke perguruan ternama dan magang. Atas capaian ini, special thank atas support yang luar biasa dari Yayasan Pendidikan Telkom yang telah begitu luar biasa mensuport SMK Telkom Bandung dengan Brand Telkom School menjadi sekolah yang terus mengimprove diri untuk memberikan kualitas yang terbaik,” terang Daduk.

Menurut Daduk, dalam era industry 4.0 ini, kunci terpenting untuk sukses adalah bekal skill dan kompetensi para siswa yang telah dibekali dengan program-program yang sudah dijalankan di SMK Telkom Bandung.

“Setelah kami beri bekal yang sudah cukup, kami mengembalikan putra-putri bapak ibu sekalian dan nitip untuk terus digembleng agar capaian skill dan kompetensinya terus melejit. Kami selaku penyelenggara pendidikan yang diamanahi oleh bapak ibu sekalian mohon maaf atas kekurangan dan kekhilafan yang terjadi. Semoga semua yang kita lakukan menjadi ladang amal bagi kita semua. Berat rasanya melepas kepergian putra-putri bapak ibu sekalian tanpa sebuah acara seremoni sebagaimana biasanya, namun apa daya kesehatan dan keselamatan kita semua menjadi prioritas utama,” tutup Daduk dengan rasa haru mengakhiri Graduation SMK Bandung 5.0.[sfn]

Sumber : transindonesia.co

Pin It

Comments are closed.