Tokopedia Siapkan Penjual Hadapi Lonjakan Pesanan Lewat Beragam Inovasi

Pelanggan Tokopedia kini dapat menikmati voucher cashback dan gratis ongkos kirim dari toko favorit mereka.[IST]

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia kembali menghadirkan beragam inovasi digital untuk mempersiapkan para penjual menghadapi lonjakan pesanan akhir tahun, antara lain saldo prioritas dan voucher toko.

Fitur saldo prioritas menawarkan pembayaran dana di muka untuk para penjual hanya dengan memasukkan resi pengiriman. Fitur ini merupakan terobosan baru dan yang pertama di dunia e-commerce Indonesia. Inisiatif peluncuran fitur ini didasarkan pada adanya kesenjangan waktu antara penerimaan pesanan dan pemenuhan pesanan oleh penjual.

Samuel Sentana, Head of Fintech Tokopedia, mengungkapkan, “Dengan mendapatkan pembayaran di muka, penjual bisa menggunakan uang tersebut untuk mempercepat perputaran modal bisnisnya.”

Adapun voucher toko adalah sebuah fitur yang memfasilitasi penjual membuat kode voucher promosinya sendiri, misalnya cashback atau potongan ongkos kirim, kepada calon pelanggan maupun pelanggan setia mereka di Tokopedia.

Garri Juanda, Associate VP Seller Experience Tokopedia mengatakan, “Dengan fitur ini, para penjual bisa menawarkan lebih banyak promosi khusus bagi pelanggan dan menjangkau pembeli yang masih di luar platform Tokopedia dengan cara menyebarkan voucher toko mereka di berbagai jejaring sosial, aplikasi chatting, bahkan mencantumkan kode voucher tokonya di flyers atau di depan kasir toko fisik mereka.”

Manfaat bagi para penjual

Penjual yang mengajukan Saldo Prioritas bisa langsung mendapatkan 80 persen dana pembayaran di muka. Sisa dana akan diterima setelah pembeli mengonfirmasi penerimaan barang. Para penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat mengaku terbantu dengan kehadiran fitur baru ini.

“Semenjak ada Saldo Prioritas, stok barang saya jadi ada terus. Sebelumnya, saya harus menunggu pembeli sampai konfirmasi pembayaran, baru saya bisa stok lagi. Menunggu pembeli konfirmasi pembayaran terkadang bisa memakan waktu lama, namun masalah tersebut sudah terpecahkan sejak ada saldo prioritas,” jelas Jajang, pemilik toko Taman Hijau Daun asal Jakarta.

Begitu pula dengan voucher toko. Sejak diluncurkan awal November 2018 lalu, fitur ini mendapatkan respon positif dari para penjual maupun pembeli di Tokopedia. Saat ini, sudah ada lebih dari 30.000 penjual yang memanfaatkan fitur ini sebagai sarana promosi, salah satunya Azi Fahrurozi, pemilik Zeitgeist Leather Store. “Saya mencoba membuat banyak kode voucher promosi. Ternyata banyak pelanggan yang antusias datang berbelanja di toko saya karena tahu ada voucher yang saya buat itu,” kata Azi.[REL/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.