Peras Pedagang Anggota LSM Diciduk Polisi, Dua Wartawan Mingguan Diburu

Polsek Bantar Gebang.[DOK]

POSBEKASI.COM, BANTARGEBANG – Pedagang warung kelontong di Kampung Ciketing Udik, Bantargebang, Kota Bekasi, yang kerap diperas AK,38 tahun, anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dicidukTim Buser Polsek Bantar Gebang, Ahad 26 Nopember 2017.

Kapolsek Bantar Gebang, Kompol Siswo, membenarkan AK ditangkap dan pihaknay tengah mengejar dua rekan AK yakni, S dan F yang mengaku sebagai wartawan mingguan.

“AK diamankan, sedang S dan F yang sering melakukan pemerasan terhadap pedagang kelontong masih kkita buru,: kata Kompol Siswo, Selasa 28 Nopember 2017.

Menurut Kompol Siswo, penngkap itu berkat laporan pedagang warung kelontong Asep Mustofa,50 tahun, yang kerap kali disatroni pemuda yang mengaku sebagai anggota LSM itu.

“Bahkan AK juga melakukan pemerasan pada pedagang lainnya hingga dapat mengumpukan uang jutaan rupiah,” katanya.

Saat dilakukan penggeledah, poisi menemukan barang bukti uang Rp2 juta dari kantong AK. “Pelaku menakut-nakuti pemilik warung dengan ancaman Pasal 55 pada UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas, karena menyimpan tabung gas elpiji bersubsidi 3 kilogram di rumahnya. Lantaran ketakutan dilaporkan ke polisi, para tersangka meminta korban untuk menempuh jalur damai dan diminta memberikan sejumlah uang kepada para tersangka,” terang Kompol Siswo.

Dikatakannya, awalnya pedagang dimintai uang Rp10 juta, namun Asep hanya menyanggupi Rp5 juta dan dibayar secara mencicil. Kemudian korban berusaha bernegosiasi dan mampu memberi Rp300 ribu dengan janji membayar kekurangannya.

“Ternayta korban tidak sepenuhnya mengikuti kemauan pelaku. Korban kemudian melapor ke Polsek Bantar Gebang untuk mendapat perlindungan hukum,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan, tersangka AK yang dikenakan Pasal 368 KUHP tentang Pemerasan dengan hukuman sembilan tahun penjara, mengaku melakukan aksinya yang kedua kali, dan sebelumnya pernah melakukan pemerasan terhadap warga lainnya dan mematok uang damai Rp10 juta.[COK]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.