posbekasi.com

Membumikan Literasi di Jawa Barat

Ketua Dewan Pembina Gerakan Literasi Nasional (GLN) “Gareulis” Provinsi Jawa Barat, Haji Syahrir bersama Ketua Umum GLN Gareulis Jabar, Hj. R. Yulia Yulianti dan pengurus GLN Gareulis Jabar saat menghadiri Pameran Gerakan Literasi Nasional (GLN) “Gareulis” Kabupaten Bekasi di SMP Negeri 1 Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Kamis 8 Februari 2024. [Posbekasi.com /Hasibuan]

posBEKASI.com | KAB.BEKASI – Ketua Dewan Pembina Gerakan Literasi Nasional (GLN) “Gareulis” Provinsi Jawa Barat, Haji Syahrir, mengatakan empat tahun bukanlah perjuangan yang mudah mendobrak, dan kini literasi mulai “bersemai” membangkitkan semangat baca mulai dari kalangan keluarga, sekolah hingga membumi di Jawa Barat.

“Empat tahun mendobrak literasi Jawa Barat bersama GLN Gareulis Jabar bukan hal mudah membumikan literasi di tiap kabupaten kota di Tanah Pasundan yang kita cintai ini,” kata Haji Syahrir saat memberi sambutan pada pembukaan Pameran Gerakan Literasi Nasional (GLN) “Gareulis” Kabupaten Bekasi mengusung tema “Bersama Talenta, Bumikan Literasi di Kabupaten Bekasi” di sekolah SMP Negeri 1 Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Kamis 8 Februari 2024.

Menurut Haji Syahrir yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini, selama empat tahun Literasi Jabar mengedukasi hingga menjadi menjadi barometer baik di tingkat provinsi dan tingkat nasional, sesuatu yang tidak gampang. Namun dengan gebrakan penuh semangat akhirnya literasi di Jabar dapat di bilang berhasil.

“Bahkan kiprah literasi Jabar cukup baik di tingkat nasional. Hal ini tidak terlepas dari semangat juang para pengurus GLN Gareulis Jabar di bawah kepemimpinan Ketua Umum GLN Gareulis Jabar, Hj. R. Yulia Yulianti, M.Pd,” terang Syahrir.

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra yang merupakan anggota DPRD Jabar tiga periode ini, dan kembali menjadi calon Anggota DPRD Jabar untuk keempat kalinya pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang untuk daerah pemilihan Dapil Jabar IX (Kabupaten Bekasi) menegaskan literasi yang dulu dianggap suatu hal sepele hingga tidak ada yang peduli.

“Dulu literasi tidak dilirik. Begitu dikembangkan, maka Literasi tidak berbatas ruang dan waktu, dan Talenta menjadi rebutan. Jangan selesai di sini saja. Tapi apa yang sudah dibuat kita salurkan,” ucap Haji Syahrir memberi semangat GLN Gareulis Jabar dan para siswa serta pencinta literasi.

Haji Syahrir berharap para Kepala Dinas Pendidikan di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk turut dan terus mendukung program program GLN Gareulis Jabar “Talenta” (Tantangan Literasi Nusantara) agar Tanah Pasundan bebas dari buta huruf, dan tumbuhnya minat baca di semua kalangan.

Anggota Komisi I DPRD Jabar ini juga menyinggung soal zonasi sekolah yang sampai hari ini masih menyimpan permasalahan di masyarakat.

Banyak masukan masyakarat soal zonasi lanjut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra ini, masih menjadi permalasahan saat masuk sekolah. Memang tidak semua permasalahan itu ada di Dinas Pendidikan, tapi seiring tumbuhnya perumahan, dan perpindahan warga masyarakat ketika hendak masuk sekolah tidak juga mengurus pindah domisilinya, hingga hal ini berlarut-larut menjadi masalah.

“Masalah zonasi sekolah harus kita tuntaskan bersama. Anggaran pendidikan kita tingkatkan. Kepada para Kepala Dinas Pendidikan saya titip guru, anak didik, dan literasi menjadi membahana di Tanah Pasundan,” papar Haji Syahrir.

Pameran Gerakan Literasi Nasional (GLN) “Gareulis” Kabupaten Bekasi diikuti 17 stand dari berbagai sekolah di Kabupaten Bekasi, dibuka langsung Bunda Literasi Kabupaten Bekasi Hj. Ria Sabaria, M.Pd, turut dihadiri Ketua Umum GLN Gareulis Jabar, Hj. R. Yulia Yulianti, M.Pd, Ketua GLN Kabupaten Bekasi Rosalina, S.Pd, M.Pd, Kons, Kadis Pendidikan Kabupaten Bekasi H. Imam Faturohman, M.Si.

Sementara, Ketua Umum GLN Gareulis Jabar Yulia Yulianti menceriakan awal pertemuan dengan dengan Anggota DPRD Jabar H. Syahrir, banyak berperan membantu GLN Gareulis Jabar hingga kini berkembang pesat.

“GLN Jabar tidak bisa berdiri sampai hari ini tanpa perjuangan Pak Syahrir,” ungkap Yulia disambut tepuk tangan apresiasi yang hadir.

“Kami berdarah darah, berjuang. Kehadiran Pak Syahrir menjadikan GLN Jabar berkembang Talenta Literasi merambah ke seluruh kabupaten kota,” tambahnya. [pob]

 

Adikarya Parlemen

BEKASI TOP