posbekasi.com

Si Jago Merah Lumat 164 Hektar Kawasan Taman Gunung Ceremai

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Taman Gunung Ceremai, Kuningan, Jawa Barat, pada Jumat 25 Agustus 2023. [Posbekasi.com /BNPB]

posBEKASI.com | KUNINGAN – 164 hektar kawasan lahan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuningan, Jawa Barat, dilumat habis ‘Si Jago Merah’ pada Jumat 25 Agustus 2023, telah berhasil dikendalikan dengan lokasi titik akhir di Blok Pajaten dan telah menghanguskan Vila Jepang.

Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu telah menyambar dan menghanguskan vegetasi semak belukar dan padang rumput di beberapa blok. Seperti kasus di Gunung Arjuno, cakupan wilayah kebakaran meluas disebabkan oleh faktor angin yang berubah-ubah arah ditambah medan yang sangat sulit dijangkau sehingga menjadi kendala upaya pemadaman.

Adapun menurut keterangan pihak pemerintah daerah setempat, karhutla di TNGC diduga terjadi karena ulah manusia.

“Sebab lokasi ditemukan titik api menyebar di beberapa titik. Pihak berwajib tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut dan berupaya mencari para pelaku,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, dalam keterangannya diterima redaksi, Ahad 3 September 2023.

“Sebagai langkah antisipasi ke depannya, pihak satgas karhutla rutin melakukan patroli udara menggunakan pesawat nirawak atau drone, sehingga apabila ditemukan titik api maka tim akan langsung menuju lokasi untuk pemadaman dan upaya lainnya yang dianggap perlu,” tambahnya. [amh]

BEKASI TOP