posbekasi.com

Sawah Petani Karawang Terendam Banjir, Dinas Pertanian Salurkan Bibit dan Pupuk Hayati

Lahan sawah Kabupaten Bekasi. [Posbekasi.com /Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi]

POSBEKASI.com | CIKARANG -Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi telah melakukan upaya menangani lahan sawah dan petani yang terdampak banjir di Kabupaten Bekasi. Skema bantuan dan penanganan ini dilakukan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Langkah jangka pendek Dinas Pertanian ini adalah mendistribusikan ratusan kilogram bibit dan ribuan liter pupuk hayati cair (pengganti pupuk kimia) bagi para petani padi yang sawahnya terendam banjir.

“Yang kita lakukan kemarin, karena masih dalam kondisi banjir itu kita bagikan 100 kg bibit dan pupuk hayati cair, nah pupuk hayati cair ini totalnya melalui APBD itu ada 53.315 liter untuk se-Kabupaten Bekasi,” ungkap Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dodo Hadi Triwardoyo, Jumat 3 Maret 2023.

Dodo menjelaskan Dinas Pertanian tengah melakukan update pendataan Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) oleh tim Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) mengenai jumlah petani terdampak yang akan menerima bantuan benih. Data update ini diperkirakan akan rampung hari ini dan akan diusulkan kepada Kementerian Pertanian.

Banjir Wilayah Utara

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi terus bergerak menangani daerah terdampak banjir, terutama mengatasi genangan air di wilayah utara.

“Intensitas hujan yang masih tinggi, menyebabkan genangan air mulai mengarah ke wilayah utara Kabupaten Bekasi,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bekasi, Agus Suparno, Kamis 2 Maret 2023.

Menurutnya, Tim BPBD sudah siaga untuk melakukan penanganan darurat di daerah yang masih terjadi genangan banjir.

“Perkembangannya, banjir mulai mengarah ke wilayah utara, seperti di Kecamatan Pebayuran, Cabangbungin, Muaragembong dan Tarumajaya. Kami mulai menerjunkan tim ke sana,” tambah Agus.[ISM/SYN]

BEKASI TOP