posbekasi.com

Kekayaan Ridwan Kamil Naik Rp6,8 M, Ini Daftar Kekayaan Kepala Dinas di Pemprov Jabar, Ada yang Kalahkan Wagub

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. [Posbekasi.com /FB Uu Ruzhanul Ulum]

POSBEKASI.com | BANDUNG – Kepemilikan harta kekayaan pejabat negara saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat. Kasus pamer harta salah satu anak pejabat Dirjen Pajak dan pegawai Bea Cukai, Kementerian Keuangan membuat hilangnya kepercayaan publik pada pejabat negara.

Di Jawa Barat, IDN Times coba menelusuri berapa harta yang dimiliki sejumlah pemangku kebijakan khususnya kepala dinas (kadis). Mengacu pada data e-lhkpn Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hampir seluruh kadis bahkan Gubernur Jawa Barat dan wakilnya, Ridwan Kamil serta Uu Ruzhanul Ulum berlum terdaftar untuk tahun 2022. Data terakhir yang ada adalah tahun 2021.

Bahkan, dari 25 kepala dinas yang terdata melalui laman Jabarprov.go.id, terdapat dua kadis, yaitu Kadis Perindustrian dan Perdagangan Lendra Sofyan serta Bina Marga dan Penataan Ruang Bambang Tirtoyuliono yang belum terdapat di e-lhkpn.

1. Kadis Perhubungan jadi kepala OPD terkaya berdasarkan data e-lhkpn.

Berdasarkan data ini pula, per 2021 kekayaan paling banyak dimiliki oleh Kadis Perhubungan, Koswara Hanafi dengan harta mencapai Rp11,1 miliar. Rinciannya, dia memilki tanah dan bangunan dengan total mencapai Rp10,442 miliar.

Kepemilikian tanahnya menyebar di berbagai daerah mulai dari Bekasi, Garut, Bandung, hingga Bogor. Di semua daerah ini Koswara mempunyai tanah dan bangunan mencapai 54.

Dalam pelaporannya di tidak memasukan alat transportasi dan mesin. Kemudian terdapat harga bergerak lainnya mencapai Rp151 juta, kas dan setara kas Rp513 juta, serta tidak ada hutang.

Melihat dari akun Instagram pribadi miliknya @kang_kos, Koswara tak pernah memamerkan kendaraan apapun seperti yang tengah viral. Dia justru lebih senang berolahraga sepeda bersama teman-temannya.

Sementara itu, Kadis dengan kekayaan terbanyak kedua adalah Kadis Kesehatan, Nina Susana Dewi. Mantan Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) ini mempunyai jumlah kekayaan per 2021 mencapai Rp9,92 miliar.

Dari adata e-lhkpn, kekayaan dari tanah dan bangunan mencapai Rp9,3 mili di mana terdapat warisan mencapai Rp2,5 miliar. Kemudian dia mempunyai kendaraan merek Toyota Vios sedang 2013, Toyota Avanza G tahun 2008, serta sebuah sepeda motor merk Benelli tahun 2020. Di sisi lain, Nina tercatat memiliki utang mencapai Rp419 juta.

2. Masih ada kadis dengan kekayaan di bawah Rp100 juta.

Untuk kepala dinas di Jabar dengan harta kekayaan paling rendah jatuh kepada Kadis ESDM, Ai Saadiyah Dwidaningsih. Tercatat dia hanya memiliki kekayaan di angka Rp 96,9 juta.

Ai sebenarnya memiliki tanah dan bangunan dengan besaran nominal capai Rp1,3 miliar, alat transportasi sebuah sepeda motor Rp7 juta, dan kas lainnya Rp78,5 juta. Namun, dia memiliki utang mencapai Rp1,3 miliar. Per 2021 hanya Ai yang memiliki harta kekayaan di bawah Rp100 juta.

Kadis lain yang kekayaannya terbilang kecil adalah Kadis Koperasi, Kusmana Hartadji. Dikutip dari e-lhkpn dia mempunyai tanah bangunan mencapai Rp917 juta. Kemudian satu mobil Inova seharga Rp386 juta, serta kas dan setara kas Rp10,6 juta. Namun, Kusmana tercacat punya utang Rp447 juta.

3. Empat tahun menjabat, kekayaan Ridwan Kamil naik Rp6,8 miliar, Uu naik Rp5,7 miliar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil per 2021 tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp21,89 miliar. Angka ini naik dibandingkan saat dia awal menjabat sebesar Rp15 miliar pada 2018.

Kekayaannya paling banyak di tanah dan bangunan mencapai Rp19 miliar. Total Emil memiliki 23 tanah dan bangunan tersebar di Jakarta, Bandung, dan Gianyar. Dia juga punya kendaraan baik mobil dan motor dengan total Rp509 juta.

Emil juga punya harta bergerak Rp367 juta, surat berharga Rp720 juta, kas dan setara kas Rp4,34 miliar, dan harta lainnya Rp388 juta. Namun, Emil juga punya utang Rp3,94 miliar.

Pendampingnya, yaitu Uu Ruzhanul Ulum per 2021 mempunya kekayaan mencapai Rp9,75 miliar. Sementara saat awal menjabat pada 2018 kekayaannya tercatat Rp4 miliar.

Uu mempunyai 11 tanah dan bangunan semuanya ada di Tasikmalaya dengan nominal Rp8,54 miliar. Kemudian dia punya sembilan kendaraan dengan total saat diuangkan mencapai Rp632 juta. Uu memiliki harta bergera Rp275 juta serta kas dan setara kas Rp308 juta. Dia tercatat tidak memiliki utang.

Sumber: IDN Times

BEKASI TOP