Bekasi Online

Ini 10 Jalan Favorit di Kota Bandung Tutup Malam Tahun Baru

Penutupan jalan dalam Kota Bandung.[Posbekasi.com /Dok]

POSBEKASI.com | BANDUNG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota Besar Bandung berencana akan menutup jalan-jalan di Kota Bandung pada 10 titik jalan raya di malam Tahun Baru 2022.

Kanit Kamsel Satlantas Polrestabes Bandung AKP Asep Kusmana menjelaskan, penutupan jalan dilakukan di ring satu Kota Bandung, dengan tujuan mencegah terjadinya kerumunan.

Terlebih lagi, lanjut dia, pada malam tahun baru berpotensi terjadinya penumpukan di pusat kota.

AKP Asep membeberkan rekayasa lalu lintas penutupan jalan dilaksanakan pada 31 Desember 2021 pukul 18.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB keesokan harinya.

”Nantinya setiap titik akan dijaga petugas dari petugas Satlantas, Dishub, dan Satpol PP,” kata Asep dikutip dari keterangannya, Sabtu 4 Desember 2021.

Jalan Bandung yang ditutup 10 titik pada malam Tahun Baru 2022 merupakan jalan yang menjadi favorit dikunjungi masyarakat di antaranya, Jalan Asia Afrika, Jalan Naripan, Jalan Braga, Jalan Banceuy, Jalan Lembong (Patung Bola). Jalan Merdeka (Merdeka-Riau, Merdeka-Aceh, Sumatra-Aceh, Wastukencana-Aceh), Jalan Dago (Cikago-Simpang Dago), Jalan Purnawarman, Jalan Dipatiukur, dan Jalan Alun-alun Timur.

Pihaknya juga akan menutup jalan sesuai dengan kondisi tempat, seperti akses ke tempat keramaian yang telah melampaui batas kapasitas maksimum.

Pada saat libur Nataru 2022, sesuai arahan pemerintah pusat, Pemkot Bandung akan kembali menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

”Saat malam Tahun Baru 2022 nanti kan PPKM level 3 nanti ada pembatasan kapasitas 50 persen yang diperbolehkan. Jadi kalau sudah melebihi kapasitas akan dilakukan rekayasa di arah masuk lokasi tersebut,” paparnya.

Tetapi, kata Asep, penutupan jalan tersebut ada pengecualian bagi kendaraan yang mempunyai kepentingan mendesak. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan hotel jika berlokasi di jalan terimbas penutupan. Sehingga, tamu hotel bisa tetap melakukan keperluannya.

”Nanti kami akan meminta dari petugas keamanan hotel untuk di sana bersiaga,” imbuhnya.

Asep memastikan penutupan 10 titik jalan raya tersebut cuma berlaku pada malam Tahun Baru 2022. Ketika perayaan Natal, menurutnya, pihak kepolisian hanya melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas.

”Kalau Natal itu kan perlu akses menuju ke gereja, nanti dijaga oleh petugas. Jumlah petugas gabungan yang akan dikerahkan saat libur Nataru 2022 ada 550 orang,” jelas Asep.[AMH]

BEKASI TOP