Bekasi Online

Jalur “Neraka” Macet Sumberjaya Tambun, Kasat Lantas Polrestro Bekasi akan Evaluasi

Persimpangan Pasar Mini, salahsatu titik macet terparah di Sumberjaya Tambun, Kabupaten Bekasi. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | TAMBUN – Arus lalu lintas di Jalan Mekarsari, Sumber Jaya, Tambun, Kabupaten Bekasi, mulai dari perumahan yang ada di Kecamatan Tambun menuju Stasiun Tambun dan juga sebaliknya kian macet parah bagai jalur “neraka” yang sudah menahun tak tersentuh penanganan dari institusi terkait.

Kemcetan hampir tiap hari dirasakan warga yang melintas jalur tersebut terutama di hari Sabtu dan Ahad. Pada Ahad (16/5/2021) ini, jalur “neraka” mencapai puncaknya pada sejak Lebaran Iedul Fitri 1442 Hijriah. Halnya, dari perumahan Tridaya Indah 2 Estate ke Stasiun Tambun, yang jaraknya hanya dua kilo meter teroaksa ditempuh selama hampir dua jam ditambah teriknya matahari bagi warga yang menggunakan angkot dan sepeda motor.

Masalah kemacetan ini pernah diadukan warga Tridaya 2, Sahat Silaban kepada Bupati Bekasi Eka Supriatmaja hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, namun belum mendapatkan respon yang menggembirakan bagi masyarakat.

KkiK: Macet Parah! Warga Minta Kapolda Metro Cari Kapolres dan Kapolsek yang Bisa Urai “Jalur Neraka” di Tambun

“Pak, angkat dong masalah kemacetan di jalan sepanjang Sumber Jaya sampai ke Underpass Tambun. Kemacetan ini sdah bertahun-tahun tapi gak ada perbaikan. Ruas jalan gak nambah, lebar jalan juga gak nambah. Sementara ijin pembangunan perumahan diberikan terus sama pemda,” keluh Sahat Silaban melalui pesan WAG warga Tridaya 2.

“Saya sudah twit ke Bupati dan cc Ridwan Kamil (Gubernur) beberapa kali masalah ini dan saya lampirkan videonya, tapi gak pernah ada komentar dari Bupati dan Gubernur,” ucap Sahat Silaban bernada kesal.

Respon Kasat Lantas

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi  AKBP Dr Ojo Ruslani mengatakan akan mengevaluasi jalur tersebut. “Kami sudah mengevaluasi memang terjadi penyempitan jalan sekitar underpass Tambun,” kata AKBP Ojo Ruslani seperti diwartawakan deteksionline.com, Ahad (16/5/2021).

Selain itu kata Ojo, di jalur tersebut juga terdapat beberapa persimpangan yang memerlukan pembenahan khusus. Misalnya marka jalan dan lampu merah.

“Nanti kita akan koordinasi dengan Dinas LLAJ,” kata Ojo sambil memohon maaf tak bisa mrmberikan keterangan lebih rincih karena sedang mendampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen  Dudung A, memantau jalur penyekatan arus balik lebaran.

KLIK: Perbaikan Jalan Raya Kebalen Babelan Justru Tambah Kemacetan

“Nanti Bang kita bahas di kantor ya,” ajak Ojo yang sudah menempati pos stategis srbagai  Kasat Lantas Polres Tangerang, Bekasi Kota dan kini Kasat Lantas Polres Bekasi Kabupaten.

Sementara, persimpangan yang dimaksud Ojo Ruslani adalah mulai dari persimpangan pangkalan cepek, perumahan Puri, depan sekolah Jaya Sutu, Pasar Mini, SPBU, Mangun 2, dan arah Papan Mas.

Persimpangan inilah, yang katanya sudah dievaluasi dan paling tidak dulu pernah diturunkan petugas Lantas Polsek Tambun.

Sebelumnya soal izin perumahan yang terus bertambah bukan wewenang dia untuk memberikan keterangan.[SFN]

BEKASI TOP