Polda Metro Gulung 85 WNA Sindikat Penipuan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono memberi keterangan pers penangkapan 85 WNA pelaku penipuan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (26/11/2019). [POSBEKASI.COM/M Irsyam]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Polda Metro Jaya menggulung sindikat penipuan yang dilakukan 85 warga negara asing (WNA) dan 6 orang WNI.

Aksi penipuan lewat telekomunikasi (telecome fraud) ditangkap Polda Metro Jaya. Dari 85 WNA yang ditangkap melakukan penipuan, terdiri dari 11 wanita dan 74 laki-laki.

“Enam orang WNI, membantu menyiapkan makanan dan bersih-bersih,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Gatot Eddy Pramono didampingi Dirkrimsus Kombes Iwan Kurniawan, dan Kabid Humas Kombes Pol. Yusri Yunus, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (26/11/2019).

Menurut Gatot, modus penipuan yang dilakukan ke 85 WNA dengan berpura-pura sebagai polisi, jaksa dan banker yang dapat membantu menyelesaikan setiap permasalahan.

“Ketika korban berhasil diperdaya dengan cara ditelpon dan mentrasfer sejumlah uang, maka mereka akan menghilang,” kata Gatot.

Para pelaku direkrut di Tiongkok dan di kirim ke Indonesia dengan
menggunakan visa wisata dan akan kembali ke Tiongkok. Dan dalam waktu 3 bulan, mereka akan diganti oleh pelaku baru.

Dikatakan Gatot tim Polda Metro Jaya telah melakukan penggerebekan di 6 lokasi wilayah hukum Polda Metro Jaya, dan satu lokasi penggerebekan dilakukan oleh Polda Jawa Timur.

“Jadi jumlah keseluruhan penggerebekan ada 7 wilayah, 6 Polda Metro Jaya dan 1 Polda Jawa Timur,” ujar Gatot.

Ke 6 lokasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya tersebut adalah Perumahan Griya Loka Blok S Tangsel, Perum Emeral PIK Jakut, Perumahan Taman Kebun Jeruk Kembangan Jakbar, Perumahan di Bandengan Utara Tambora Jakbar, Mega Kebun Jeruk Kembangan Jakbar dan Perumahan Anggrek Neli Murni Kemanggisan Jakbar.

Sedangkan 1 wilayah Polda Jawa Timur, di daerah Perumahan Istana Dieng Malang Jatim.

“orban penipuan semuanya warga negara Tiongkok dan uang penampungan juga ada di Tiongkok,” kata Gatot.[SYM]

Pin It

Comments are closed.