Kredit Mesra BJB Tanpa Bunga dan Agunan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Kredit Mesra di Masjid Jami Al Hikmah, Kabupaten Bogor, Selasa 26 November 2018.[IST]

POSBEKASI.COM | KABUPATEN BOGOR – Pemprov Jawa Barat luncurkan program pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan, Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan secara langsung program kredit hasil kerjasama dengan Bank BJB tersebut di Masjid Jami Al Hikmah, Kampung Cibeber, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Selasa 26 November 2018.

Pelaksanaan program BJB Mesra ini sengaja dilakukan di tempat ibadah. Selain untuk meningkatkan keimanan umat, hal ini sebagai upaya pemerintah untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pembiayaan mikro. Masyarakat cukup datang ke masjid atau tempat ibadah terdekat.

“Kenapa di rumah ibadah? Karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama dan yang namanya rumah ibadah itu ada di mana-mana,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

“Daripada kesusahan oleh rentenir atau yang mencekik leher kita, lebih baik datang saja ke rumah ibadah,” tambahnya.

Hingga saat ini, program Mesra telah memberikan akses pinjaman kepada 78 orang dengan total penyaluran mencapai Rp150 juta lebih. Mereka berasal dari enam lokasi, yakni satu kelenteng dan lima masjid yang ada di Kabupaten Bogor. Kredit Mesra ini tidak hanya akan disalurkan melalui masjid saja, namun juga rumah ibadah atau komunitas agama lainnya, seperti di gereja, pura, vihara, dan kelenteng.[REL/DUB/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.