Bekasi Online

Puskesmas Kabupaten Bekasi Baru 70 Persen Terakreditasi

Puskesmas

CIKARANG | POSBEKASI.COM – Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan 44 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayahnya terakreditasi oleh Komisi Badan Akreditasi Nasional (BAN) Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di tahun 2019.

Akreditasi dilakukan agar puskesmas mampu menyelenggarakan pelayanan yang sesuai dengan perundang-undangan dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015.

Penilaian akreditasi itu di antaranya penyelenggaraan Admistrasi Manajemen, Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat, dan Upaya Penyelenggaraan Perorangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Maniarti mengatakan bahwa dari 44 puskesmas itu baru 70 persen yang sudah terakreditasi.

KLIK : Antisipasi Darurat Pangan, Pemkab Bekasi Tambah Cadangan Beras

“Ada delapan puskesmas lagi akan dilakukan penilaian akreditasi bulan depan, di antaranya Cibarusah, Cikarang Selatan, Kedungwaringin, Cikarang Barat, Babelan Sukawangi, dan Cabangbungin,” paparnya seperti dikutip dari laman dakta.com, Kamis 30 Agustus 2018.

Adanya akreditasi itu diharapkan proses pelayanan di puskesmas bisa lebih baik lagi, tetapi ia mengakui beberapa puskemas tenaga kesehatannya masih sangat kurang.

Sri Enny menambahkan, akreditasi terhadap puskesmas itu agar mutu dari setiap puskemas sama antara satu dengan yang lain, dan nantinya bisa lebih ditingkatkan.

“Dengan tercapainya standar mutu di puskesmas maka pelayanan masyarakat bisa sesuai dengan apa yang diharapkan,” ucapnnya.[]

BEKASI TOP