Bekasi Online

Akibat Ledakan, PHD Ganti 50 Bangunan

Masyarakat saat menyaksikan bangunan Pizza PHD yang hancur.[IST]
Masyarakat saat menyaksikan bangunan Pizza PHD yang hancur.[IST]
POSBEKASI.COM – Restoran cepat saji Pizza Hut Delivery (PHD) di Jalan Raya Hankam, Kecamatan Pondokmelati, Kota Bekasi, memberi ganti rugi kepada puluhan bangunan yang terkena dampak ledakan pada Minggu 23 Oktober 2016.

“Sampai saat ini PHD baru mengganti sekitar 50 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan akibat ledakan, empat bangunan yang rusak parah belum diganti rugi,” kata Kapolsek Pondokgede, Kompol Sukadi, di Bekasi, Kamis 27 Oktober 2016.

Puluhan rumah itu saat ini mengalami kerusakan ringan dan sedang berupa atap hancur, plafon runtuh, tembok retak, dan sebagainya.

“Rencananya mulai hari ini pihak PHD akan mengganti rugi rumah warga yang mengalami kerusakan parah,” katanya.

Kerusakan itu, kata Sukadi, karena muntahan material gerai PHD dan tekanan gas dari sumber ledakan di bagian dapur.

“Seluruh warga yang rumahnya rusak ringan hingga sedang sudah diganti secara tunai oleh PHD,” ujar Sukadi.

Sukadi menambahkan sejauh ini pihak PHD bersikap kooperatif dalam musibah ledakan tersebut. “Kami sudah memeriksa empat orang karyawan PHD terkait dengan insiden ini,” katanya.

Beberapa karyawannya diterjunkan ke lapangan untuk menginventarisasi jumlah korban yang terdampak ledakan tersebut. “Bahkan mereka sudah membuat posko, jadi kalau ada yang mengalami kerusakan bisa melapor langsung ke petugas,” katanya.

Hingga saat ini, pihak Polsek Pondokgede terus mengawal proses ganti rugi terhadap empat rumah yang mengalami kerusakan parah. Sementara itu, salah satu warga yang rumahnya rusak parah adalah milik Pendidik Ditpolair Polda Metro Jaya AKBP Untung Sangaji. Rumah kontrakan miliknya berlantai dua dan memiliki enam pintu kamar itu ambruk akibat terkena ledakan gerai PHD.

“Kalau minta uang takutnya kurang, makanya saya minta dibangun seperti semula saja,” kata Untung yang enggan menyebut biaya pembangunan kontrakannya itu.

Dia mengaku telah menandatangani surat perjanjian dengan PHD agar asetnya itu bisa segera diperbaiki.

“Tadi sudah saya tanda tangani juga dihadapan PHD dengan perangkat RT setempat,” kata Untung.

Sementara itu, ledakan di gerai PHD Jalan Hankam juga merusak bangunan minimarket Alfamidi yang ada di sebelahnya serta tiga unit rumah warga.[ANT/BEN]

BEKASI TOP