Bekasi Online

Rekaysa Lalu Lintas Libur Panjang 5-8 Mei Akan Berbuntut di Bekasi

Macet di Kota Bekasi.(dok)
Macet di Kota Bekasi.(dok)

POSBEKASI.COM – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa pengaturan arus lalu lintas menjelang libur panjang tanggal 5-8 Mei. Pihak kepolisian memperkirakan lonjakan kendaraan ke luar Jakarta sudah dimulai sejak tanggal 4 Mei sore hari.

Karena itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyusun strategi untuk mengantisipasi kemacetan di ruas tol maupun di berbagai lokasi wisata di Jakarta.

“Kami telah menyiapkan rencana kontijensi mulai dari tahap 1 sampai tahap 3 untuk mengantisipasi kemacetan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin Nursin, Senin (2/5/2016).

Tahap pertama yang dilakukan apabila terjadi antrean hingga 5 km di pintu tol, maka polisi akan melakukan diskresi dengan membuka sistem contra flow.

“Kita buat contra flow ke arah timur dan Jagorawi, nanti kita siapkan 2 lajur buat contra flow,” imbuhnya.

Apabila masih terjadi kepadatan, polisi telah berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga untuk mengoptimalkan pengambilan tiket di gerbang tol.

“Minta ke Jasa Marga, dalam transaksinya untuk menambah Jasa Marga Putra untuk membagikan kartu tol, jemput bola,” imbuhnya.

Tahapan ketiga, apabila dengan dua cara tadi masih terjadi kemacetan, polisi akan menutup pintu masuk tol. Pengendara nantinya akan dialihkan ke jalur alternatif.

“Tahap ketiga kita tutup pintu tol untuk mengantisipasi kepadatan daripada kejebak kemacetan di ruas tol, belum lagi kalau mau buang air jadi susah,” katanya.

Rekayasa yang dilakukan pihak kepolisian itu, semunya akan berimbas di Bekasi. Kemacetan pda arus Tol Cikampek menuju Cipularang maupun Cipali akan berbuntut pnjnag diwilayah Bekasi.[Nic]

BEKASI TOP