Bekasi Online

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara

POSBEKASI.COM – Hari lahirnya tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara yang bernama asli Raden Mas Soewardi diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tanggal 2 Mei.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat kita manfaatkan sebagai momen untuk mengevaluasi diri tentang apa saja yang telah kita lakukan terhadap peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan.

Pada jajaran pendidikan, di hari yang bersejarah ini sebaiknya dipergunakan untuk mengintrospeksi diri. Sudahkah berbuat dan bekerja secara profesional di bidang masing-masing tanpa ada keterpaksaan? Tanpa ada tendensi apapun kecuali mengabdi kepada profesinya?

Ada beberapa hal yang patut kita renungkan terkait dengan peringatan Hardiknas. Momentum untuk merenungkan dan merefleksikan diri terhadap perjalanan dan langkah panjang yang telah dilalui. Ini terkait dengan cita-cita awal lahirnya Hardiknas, sebuah cita-cita yang saat itu dicirikan dengan semangat kepahlawanan, semangat kesediaan diri untuk memberikan secara optimal untuk pelayanan pendidikan.

Adanya upaya untuk mengintropeksi diri dari apa yang sedang kita lakukan dalam menjalankan berbagai program pendidikan saat ini dan untuk menatap masa depan yang lebih baik, adanya jaminan pelayanan pendidikan tidak diskriminatif pada semua peserta didik di manapun mereka tinggal, sehingga cita-cita luhur saat digagasnya peringatan Hardiknas bisa terus terjaga.

Bagaimana kita memprespektifkan apa yang telah dan sedang dilakukan untuk masa depan yang lebih baik, sebagaimana dicantumkan dalam konstitusi kita serta diamanatkan pula dalam sistem perundangan sesuai dengan upaya untuk mencerdaskan bangsa secara utuh. Peringatan Hardiknas harus terus menerus dikumandangkan dan dilakukan rekontekstualitas sesuai dengan masanya, karena itulah tidak berlebihan jika momentum Hardiknas kali ini juga harus bisa memberikan makna lebih, tidak hanya sebatas pada memperingatinya secara seremonial saja.

Semoga generasi bangsa ke depan menjadi manusia-manusia yang berdaya saing tinggi guna membangun dan mengembalikan kehormatan dan kharisma bangsa dan negara Republik Indonesia.[BS/SOF]

BEKASI TOP