posbekasi.com

Cegah Bullying, Siswa Sekolah Dasar Ikuti Sosialiasasi Pencegahan Perundungan

Siswa dan siswi dari kelas 5 dan 6 SDN Kertajaya 01 mengikuti sosialisasi pencegahan perundungan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan yang diselanggarakan oleh panitia Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan (TPPK) SDN Kertajaya 01 di aula setempat pada Senin (20/11/2023). [Posbekasi.com /Humas Pemkab Bekasi]

posBEKASI.com | PEBAYURAN – Sebanyak 108 siswa dan siswi dari kelas 5 dan 6 SDN Kertajaya 01 mengikuti sosialisasi pencegahan perundungan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan yang diselanggarakan oleh panitia Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan (TPPK) SDN Kertajaya 01 di aula setempat pada Senin (20/11/2023).

Sosialisasi tersebut menghadirkan beberapa narasumber yakni perwakilan Polsek Kecamatan Pebayuran, Mashuri Lempo, Bimaspol Desa Kertajaya, Afriza Sukma serta perwakilan dari Koramil Kecamatan Pebayuran.

Kepala Sekolah SDN Kertajaya 01, Dede Sumarna mengatakan, sosialisasi ini menjelaskan tentang beberapa aspek di antaranya pengertian bullying, jenis-jenis bullying, pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah serta menjelaskan Undang-Undang No. 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Hukum terhadap Kekerasan Pada Anak.

“Ya, sosialisasi ini bertujuan agar siswa memahami pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah, siswa tidak melakukan tindakan bullying dan tindakan kekerasan di sekolah, serta siswa dapat mengetahui tugas dan peran fungsi yang menjadi TPPK di SDN Kertajaya 01,” ujar Kepala Sekolah SDN Kertajaya 01 Dede Sumarna.

Selain pihak sekolah, tambah dia, dibutuhkan juga keterlibatan serta peran orangtua dalam mencegah terjadinya perundungan terhadap anak, bisa melalui sosialisasi bahkan edukasi. Mengingat, betapa pentingnya figur orangtua dalam pembentukan psikologi, pendidikan karakter dan tumbuh kembang anak.

Dirinya berharap, melalui sosialisasi ini, tidak ada lagi perundungan atau bullying yang terjadi di seluruh lingkungan satuan pendidikan. Sebab, dampak bullying dalam jangka panjang bisa memengaruhi psikologis dan kesehatan mental (mental health) bagi pelaku maupun korban.

“Harapan saya setelah siswa-siswi mengikuti sosialisasi ini, siswa tidak melakukan tindakan bullying dan tindakan kekerasan di lingkungan sekolah maupun di masyarakat,” tandas Kepala Sekolah SDN Kertajaya 01.

Tak hanya itu, sosialisasi pencegahan perundungan yang diselenggarakan oleh Tim TPPK SDN Kertajaya 01 bersinergi dan berkomitmen dengan Polsek Kecamatan Pebayuran, Koramil Kecamatan Pebayuran, Polisi Desa Kertajaya, serta CSR PT Hitachi Astemo yang bersama-sama ikut terlibat dalam program tersebut.

BEKASI TOP