posbekasi.com

Kementerian PPPA Beri Penguatan Psikologis Siswa Sekolah

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memberikan layanan penguatan psikologis maupun psikososial kepada ratusan siswa SDN 09 Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis 9 November 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | TAMBUN – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memberikan layanan penguatan psikologis maupun psikososial kepada ratusan siswa SDN 09 Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis 9 November 2023.

Plt. Asisten Deputi Pelayanan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus, Kemen PPPA, Atwirlany Ritonga mengatakan pihaknya berkolaborasi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bekasi, memberikan layanan penguatan psikologis bagi anak khususnya siswa SDN 09 Jatimulya.

“Tujuannya adalah memberikan informasi kepada anak-anak dan guru bahwa seandainya terjadi kasus perundungan, guru sudah tahu cara mengantisipasinya,” ujar Atwirlany.

Dia menjelaskan, langkah-langkah yang dilakukan dari Kemen PPPA dalam mengatasi maraknya kasus perundungan dengan melakukan upaya pencegahan, sosialisasi, pelatihan dan manajemen positif bagi tenaga pendidik atau sosial.

“Kita juga mempunyai layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) di Call Center 129 bisa di akses selama 24 jam. Apabila masyarakat kita melihat, mendengar dan menyaksikan langsung terjadinya perundungan, segera melaporkan kepada tim dan kami siap untuk melayani,” jelasnya.

Kasubbag TU UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Bekasi, Yuha Dewangga mengatakan, baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat melalui Kemen PPPA dan UPTD PPA selalu bergerak cepat melakukan penanganan maupun pencegahan jika terjadi kasus perundungan di sekolah.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya layanan penguatan psikologis dan psikososial terhadap anak yang ada di sekolah ini maupun para gurunya. Kita juga melalui UPTD PPA selalu melakukan penanganan terkait apa bila ada perundungan, kasus kekerasan di sekolah maupun dilingkungan sosial lainnya dan mempunyai Puspaga untuk melakukan sosialisasi setiap hari bahkan setiap minggunya ke sekolah-sekolah,” katanya.

Sementara itu  Kepala Sekolah SDN Jatimulya 09, Nevi Rosetiawati menyampaikan terimakasih kepada Kemen PPPA, DP3A, UPTD PPA dan Puspaga dengan memberikan layanan penguatan terhadap psikologis bagi anak-anak maupun guru di sekolahnya. [yla]

BEKASI TOP