posbekasi.com

Dinkes Gulirkan Pengukuran Kebugaran Deteksi Penyakit Tak Menular Sejak Dini

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi melaksanakan program pengukuran kebugaran terhadap kesehatan pekerja, pelajar dan calon jamaah haji, Rabu 20 September 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | CIKARANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi secara rutin melaksanakan program pengukuran kebugaran terhadap kesehatan pekerja, pelajar dan calon jamaah haji.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bekasi Supriadinata mengatakan, kegiatan pengukuran kebugaran difokuskan pada pengecekan penyakit tidak menular.

Pemeriksaan dilaksanakan setiap enam bulan sekali, baik di Plaza Pemda untuk pegawai di pemerintahan, lalu Puskesmas bagi umum dan di Sekolah untuk memeriksa kebugaran pelajar.

“Selain untuk pegawai dan pelajar, juga difokuskan bagi masyarakat dan calon jamaah haji. Program pengukuran kebugaran ini, untuk mengecek penyakit tidak menular. Juga program kerja kita, yang rutin dilaksanakan enam bulan sekali,” ujar Supriadinata, Rabu 20 September 2023.

Lebih lanjut, kata dia, pemeriksaan kesehatan pada program pengukuran kebugaran meliputi pemeriksaan TB, berat badan (BB), Tensi Darah, Lingkar Perut, Gula Darah, Asam urat dan Kolesterol.

“Jadi pengukuran kebugaran itu, adalah suatu kegiatan untuk mengetahui tingkat kebugaran seseorang, termasuk calon jamaah haji atau umrah,” jelasnya.

Supriadinata menambahkan, pada Jumat (15/9/2023) lalu, kegiatan pemeriksaan kebugaran dilangsungkan. Pegawai ASB dan Non ASN di lingkungan Pemkab Bekasi turut andil mengikuti kegiatan tersebut.

“Antusiasnya sangat tinggi, banyak yang hadir dan ikut screening penyakit. Mudah mudahan, kegiatan ini bisa memberikan manfaat. Karena, warga para pekerja bisa mendeteksi sedini mungkin, penyakit tidak menular yang dimiliki,” katanya. [rls/yla]

BEKASI TOP