posbekasi.com

SDN Kertajaya Ciptakan Lingkungan Sekolah Bersih dengan LISA

Program unggulan SDN Kertajaya 01 bernama LISA (Lihat Sampah Ambil). [Posbekasi.com /Refky Maulana]

posBEKASI.com | PEBAYURAN – SD Negeri Kertajaya 01, Pebayuran , Kabupaten Bekasi, memiliki program unggulan LISA (Lihat Sampah Ambil), sebagai perilaku yang dilatih sejak dini menjaga lingkungan dan kebersihan sekolah.

Ketua Adiwiyata SDN Kertajaya 01, Endang Burhani, mengatakan mekanisme dalam program ini, siswa dibiasakan mengambil sampah yang terlihat secara spontan setiap harinya, yang kemudian langsung dimasukkan pada tempat yang disediakan.

“Jadi program LISA berawal dari keprihatinan saya dan rekan guru lainnya yang melihat sampah berserakan di sekeliling sekolah. Makanya dengan adanya program LISA sekarang, sampah menjadi berkurang di sini,” kata Endang, Rabu 13 September 2023.

Adapun yang terlibat dalam program LISA tidak hanya siswa, melainkan orangtua murid, dewan guru, kepala sekolah terutama seluruh warga sekolah yang berada di lingkungan sekolah. Secara refleks, biasanya seluruh warga sekolah akan memungut sampah demi terciptanya lingkungan yang bersih.

“Untuk mengawali program ini kami terlebih dahulu memberikan sosialisasi terhadap siswa-siswi maupun lainnya. Kemudian kami langsung memberi contoh dan mempraktikan langsung kepada anak-anak mulai dari kelas satu sampai kelas enam dan sejauh ini hasilnya alhamdulillah positif,” ungkapnya.

Dia berharap, program LISA dapat berjalan secara berkesinambungan. Melalui program ini, tentunya diharapkan semakin meningkatkan kesadaran warga sekolah terkait dengan kebersihan. Dengan demikian, ke depannya dapat membentuk karakter siswa dalam menerapkan budaya bersih.

“Kami berharap sampah yang ada di lingkungan kami bisa dikendalikan, sehingga sampah tidak berserakan dimana-mana. Tentunya kami juga berharap murid-murid di sekolah kami menjadi siswa-siswi yang mencintai lingkungan,” harapnya.

Untuk memaksimalkan program LISA dalam jangka panjang, lanjut dia, pihaknya akan terus berupaya menciptakan inovasi untuk pengelolaan sampah agar sampah-sampah tersebut nantinya bisa diolah sedemkian rupa.

“Disamping untuk kebutuhan pupuk organik dan tanaman-tanaman kami yang ada di sekolah, nanti ke depannya insyaallah sampah-sampah tersebut bisa bernilai ekonomis,” ujarnya. [yla]

BEKASI TOP