posbekasi.com

Pasca Pencabutan Status Covid-19, BPJS Kesehatan Siap Tanggung Seluruh Biaya Pasien Covid-19

BPJS

posBEKASI.com | JAKARTA – Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti menegaskan, pihaknya siap membiayai perawatan pasien Covid-19 secara menyeluruh. ke depan, pasien yang terkena Covid-19 sistem pembiayaannya akan sama seperti pasien-pasien pada umumnya.

“Kalau mereka itu kena Covid-19, BPJS siap untuk membiayai kalau dia dirawat di rumah sakit,” kata Ghufron, Kamis (22/6/2023). Selain biaya perawatan di rumah sakit, Ghufron menegaskan pengobatan pasien Covid-19 juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Kalau yang menonjol itu umpamanya sesak napas karena penyakit kronik di paru, itu udah ada diagnosisnya lalu biayanya berapa?. Nah itu dibayar oleh BPJS,” ujarnya.

Kendati demikian, Ghufron kembali mengingatkan pembiayaan tersebut hanya diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sehingga, mereka yang ingin mendapat tanggungan biaya dari BPJS Kesehatan, harus terdaftar sebagai peserta BPJS.

Ghufron menegaskan, seluruh peserta BPJS Kesehatan dari kelas 1, 2, hingga 3 akan mendapatkan pembiayaan penuh. “Semua yang menjadi peserta BPJS kalau kena Covid-19, BPJS sudah siap membiayai,” kata dia.

Sebagai informasi, jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan terus melonjak naik. Saat ini, diperkirakan ada 255 juta lebih masyarakat yang terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Peserta kita melonjak tajam, sudah mencapai 255 juta orang lebih atau sekitar 92-93 persen. Jadi sudah luar biasa,” ujarnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo sudah mengingatkan ke masyarakat jika penanganan pasien Covid-19 tidak lagi gratis. Khususnya jika sudah peralihan status dari pandemi ke endemi.

“Ini hati-hati, kalau sudah masuk endemi, kalau kena Covid-19 bayar. Saat ini masih ditanggung pemerintah, begitu masuk endemi, sakit Covid-19 bayar,” ujar Presiden.

Status pandemi pun sudah dicabut oleh Presiden Jokowi secara resmi Rabu (21/6/2023) lalu. Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan angka kasus harian Covid-19 yang mendekati nihil.

BEKASI TOP