posbekasi.com

Cegah Stunting Anak, Dinas Perikanan Gaungkan Program Gemarikan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | TAMBUN – Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi mengadakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN Karang Satria 02, Kecamatan Tambun Utara, Rabu 31 Mei 2023. Gerakan makan ikan itu menjadi salah satu cara mendukung penurunan angka stunting di wilayah Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Iman Santoso mengatakan kegiatan Gemarikan merupakan keduakalinya dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas masyarakat mengkonsumsi ikan agar dapat menurunkan angka stunting.

“Ya, untuk menurunkan angka stunting sangat baik itu dan yang diharapkan, dengan kegiatan yang maksimal dan secara rutin memakan ikan setiap hari bisa menurunkan angka stunting bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi,” ujar Iman Santoso usai membuka kegiatan Gemarikan tersebut.

Iman menambahkan, dengan mengkonsumsi ikan akan sangat baik dalam pencegahan gagal tumbuh tubuh dan otak atau stunting dan Ikan dapat menjadi salah satu sumber gizi dan protein.

“Untuk manfaat memakan ikan sangat baik bagi anak- anak, selain tinggi tingkat protein, nutrisinya, penguatan kesehatan dan kecerdasan, tidak hanya makan ikan yang bisa di goreng atau pindang tapi juga bisa diolah dengan cara diabon dan krispi, agar menarik minat anak-anak kita saat makan ikan,” katanya.

Camat Tambun Utara, Najmuddin menyampaikan,  kegiatan Gemarikan yang di SDN karang Satria 02 bisa menjadikan tumbuh kembang anak sehat dan cerdas, supaya bisa motivasi anak- anak agar rajin memakan ikan.

“Kami bersyukur telah ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan Gemarikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, semoga dengan kegiatan ini kami menambah motivasi bagi anak-anak SD khususnya dan umumnya para pelajar di Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Dia berharap, supaya generasi anak-anak kedepannya, selalu rajin memakan ikan, karena banyak manfaat dan protein yang sangat baik.

“Mari kita lakukan makan ikan minimal satu hari sekali, kalau tidak kuat seminggu sekali atau sebulan sekali, agar anak-anak kita menambah kecerdasan dan protein yang berkualitas dan banyak vitamin yang terkandung dalam ikan,” katanya.

Sementara itu, Kordinator Promosi Direktorat Pemasaran dan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan di Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Emy Khonifah mengatakan, kegiatan Gemarikan sangat luar biasa dilaksanakan dengan kolaborasi berbagai pihak tidak hanya KKP, tetapi juga dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, pihak Sekolah, perwakilan Dinas Pendidikan dan stakeholder yang lainnya.

“Ya, kalau gerakan memakan ikan itu bisa meningkatkan kecerdasaan pada anak dan harapan kita semua untuk peningkatan konsumsi makan ikan yang tinggi bisa mendukung percepatan penurunan angka stunting,” ucapnya. [gja]

BEKASI TOP