posbekasi.com

Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya di Gedung Juang

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghadiri Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya, di Museum Gedung Juang Tambun Selatan, Sabtu 27 Agustus 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | TAMBUN – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi terselenggaranya acara Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya, yang digelar di Museum Gedung Juang 45, Kecamatan Tambun Selatan. Festival mulai 26 – 28 Agustus 2022, menampilkan pagelaran seni tari dan budaya Bekasi, gambang kromong dan parade budaya lainnya.

Selain itu dalam festival tersebut juga, dihadirkan berbagai perlombaan, seperti rebut dandang, mural, hias gapura, fotografi, lomba mewarnai dan bazar UMKM.

Dani Ramdan menilai festival tersebut, perlu diapresiasi sebagai ajang untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bekasi, sehingga masyarakat dapat mengetahui agar kedepannya bisa terus dilestarikan.

“Acara ini digelar masih dalam suasana Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 dan HUT Kemerdekaan RI sekaligus HUT Provinsi Jawa Barat, menambah kemeriahan di luar yang sudah kita laksanakan kemarin. Pagelaran ini sangat penting untuk melestarikan seni dan budaya Kabupaten Bekasi dan mudah-mudahan acara ini bisa terus berlanjut tiap tahunnya,” kata Dani Ramdan saat menghadiri Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya, di Gedung Juang Tambun, Sabtu 27 Agustus 2022.

Dirinya berharap kedepannya acara ini bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga festival seni dan budaya ini masuk sebagai rangkaian dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi dan HUT RI.

Pemerintah daerah juga terus mendorong agar pagelaran seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan ditampilkan kepada masyarakat karena seni dan budaya merupakan jati diri bangsa.

“Ya, walaupun tantangan semakin global, apalagi dengan kemajuan teknologi digital, kemudian di sini tempatnya kawasan industri dan pertumbuhan penduduk terus meningkat, kita tidak boleh kehilangan jati diri sebagai pewaris seni budaya Bekasi,” ujarnya.

Dani Ramdan mengungkapkan, salah satu ciri jati diri kita adalah seni dan budaya, yang harus terus dihidupkan melaui acara seperti Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya.

“Pemerintah daerah juga mendorong agar kegiatan seni budaya ini terus dilestarikan oleh masyarakat melalui kegiatan ekstra kulikuler di sekolah, sanggar-sanggar seni budaya, padepokan, ini semua harus kita dorong,” terangnya.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara, Imam Maliki Ralibi mengatakan, acara yang turut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu, bertujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya tradisional dari Kabupaten Bekasi, sekaligus untuk memeriahkan Hari jadi Kabupaten Bekasi dan HUT RI dan HUT Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

“Mudah-mudahan setelah disosialisasikan melalui acara ini, dapat menular kepada masyarakat yang lainnya sehingga mereka peduli dengan seni budaya yang ada di Kabupaten Bekasi,” ujarnya. [GHA]

BEKASI TOP