posbekasi.com

Cemooh Plt Wali Kota Bekasi Lewat “Running Text”, Pelaku Dianggap Pandai Mengundang Perhatian

Running teks “PLT WALIKOTA BEKASI BOBROK !!! yang bikin geger dan viral terpampang di Gedung Utama Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Kamis 25 Mei 2023. [Posbekasi.com /Tangkapan layar]

posBEKASI.com | BEKASI – Pengamat sosial menyebut pelaku peretasan running text di Bekasi yang mencemooh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menggunakan cara tersebut untuk mengundang perhatian. Pelaku yang belum diketahui identitasnya sampai sekarang disebut bisa membaca keadaan sebelum dia memilih menyuarakan melalui fasilitas publik tersebut.

“Ya intinya pelaku bisa membaca keadaan, dia bisa memilih saluran yang mengundang perhatian dan itu bisa menjadi perbincangan banyak orang,” tutur Pengamat Sosial Dosen Komunikasi Sosial Institute Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi, Hamluddin, saat dihubungi, Jumat (2/6/2023).

Karena itu, Hamluddin menyebut, pelaku yang meretas running text “pandai” memilih cara yang memancing atensi masyarakat.

“Kembali kepada pelakunya tadi ya, pandai membaca sesuatu yang unik, sesuatu yang unik itu kan akan mendapat perhatian,” Hamluddin.

Meski begitu, kata Hamluddin, media sosial tetap menjadi primadona masyarakat untuk menyuarakan aspirasinya. Namun, ada celah lain yang bisa dimanfaatkan pelaku supaya mendapat perhatian lebih besar daripada di media sosial.

“Nah mungkin di media sosial hal-hal semacam itu sudah biasa, maka dia mencari tempat itu,” kata dia.

Hamluddin juga menyebut bahwa peretasan running text tersebut bukan tanpa alasan. Kekecewaan dengan kinerja Pemerintah Kota Bekasi yang belum maksimal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

“Mungkin itu ekspresi dari masyarakat yang tentunya memiliki kekecewaan,” ujar dia.

Sebagai informasi, running text yang ada di Gedung Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi diduga diretas dan menampilkan “Plt Wali Kota Bekasi Bobrok!!!” pada Kamis (25/5/2023).

Dalam video yang diterima Kompas.com, tampak running text itu di bagian depan Gedung Asrama Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi. Kalimat umpatan yang ditujukan kepada Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto itu juga dilengkapi tiga tanda seru dengan tulisan warna merah.

Pranata Humas Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi Fitsa Baharuddin mengatakan, pihaknya sudah melaporkan dugaan peretasan sistem running text.

Tak hanya di Asrama Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi, umpatan itu juga mendadak muncul di LCD pintu masuk RSUD Bantargebang.

Tulisan running text itu juga menampilkan kritik keras ke anggota Satpol PP bernama Eko. “RAPORT MERAH!!! PLT WALI KOTA BEKASI TRI ADHIANTO BOBROK & PECAT POL PP EKO YANG BERTINDAK REPRESIF!!!,” demikian kalimat running text tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto meminta polisi mengusut tuntas pihak yang mencemoohnya melalui peretasan running text.

“Jadi secara pribadi dan kedinasan saya berharap bahwa hal-hal yang memang tidak dibenarkan secara ketentuan, bisa dilakukan pengusutan secara tuntas,” kata Tri dikutip dari keterangannya, Minggu (28/5/2023).

Tri menegaskan, pengusutan secara tuntas diperlukan karena ia menilai ada pihak yang ingin menjatuhkan nama baik dirinya dan juga Pemkot Bekasi. [Kompas]

BEKASI TOP