posbekasi.com

Indonesia Diharapkan Jadi Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Logo keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

POSBEKASI.com | JAKARTA –  Indonesia diharapkan menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi dunia saat keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Hal itu diungkapkan pemerhati perdagangan ekonomi dunia dan politik internasional UGM, Dr. Riza Noer Arfani.

“Merujuk tema yang dicanangkan melihatnya sebagai fokus menangani dengan keketuaan ASEAN. Berkaitan dengan ekonomi lalu berkaitan dengan geopolitik relevan untuk perdamaian stabilitas,” katanya saat berbincang dengan Pro3 RRI, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, tantangan soal ekonomi lebih kompleks. Hal itu karena adanya potensi resesi.

“Kita perlu menghidupkan ide mengenai internal economic capacity. Kapasitas ekonomi apa yang bisa dihidupkan kembali, episentrum pertumbuhan dituntun dengan komitmen,” katanya.

Indonesia kembali dipercaya untuk mengemban Keketuaan ASEAN 2023. Mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia berupaya memperkuat posisi ASEAN sebagai kawasan yang stabil dan damai.

Indonesia juga berupaya secara konsisten menjunjung tinggi hukum internasional. Lalu memperkuat kerjasama dan tidak menjadi proksi dari kekuatan manapun.

Sehingga ASEAN mampu menjadi kawasan yang kuat dan inklusif. Serta memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.[RRI]

BEKASI TOP