posbekasi.com

Polda Metro Waspadai Teror dan Kriminalitas Selama Nataru

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Operasi Lilin Jaya 2022 dalam pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru) akan dilaksanakan 23 Desember 2022 – 2 Januari 2023. Dalam operasi tersebut, Polda Metro Jaya waspadai gangguan kamtibmas berupa teror dan intoleran dari kelompok tertentu.

“Salah satu yang disorot adalah aksi teror dan intoleran dari kelompok tertentu. Kedua, aksi yang terkait dengan teror dan tindakan aksi intoleransi,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka operasi kepolisian terpusat ‘Lilin Jaya 2022’ di Polda Metro Jaya, Senin (19/12/2022).

Fadil merinci potensi kerawanan gangguan di antaranya keamanan ketertiban keselamatan kelancaran lalu lintas hingga bencana alam.

“Pertama di bidang kamtibselcarlantas (keamanan, ketertiban, keselamatan, kelancaran lalu lintas). Curas (pencurian dengan kekerasan) dan beberapa prediksi bencana alam yang harus kita antisipasi,” ujarnya.

Fadil menuturkan, dengan adanya beberapa potensi kerawanan tersebut, dia meminta kerja sama seluruh stakeholder terkait turut dijalin demi terciptanya situasi yang kondusif.

“Mulai dari pemerintah provinsi, aparat keamanan, termasuk pelaku usaha hingga seluruh elemen masyarakat demi terwujudnya situasi kamtibmas yang diharapkan,” jelasnya.

Dia berharap rapat koordinasi yang digelar hari ini bisa menentukan kesepahaman arah dalam pelaksanaan operasi ‘Lilin Jaya 2022’. Hal tersebut perlu dilakukan demi terciptanya perayaan Nataru yang damai dan penuh sukacita.

“Semoga rakor ini bisa menentukan arah dan langkah dalam kegiatan operasi Lilin Jaya 2022. Sehingga kegiatan masyarakat bisa lancar tertib dan kondusif khususnya masyarakat yang beragama Nasrani. Perayaan Nataru 2022 ini bisa dirayakan dengan penuh suka cita dan kedamaian bersama,” tuturnya.

Operasi Lilin Jaya

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan Operasi Lilin Jaya 2022 digelar selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.

“Ada dua fokus pengamanan, yaitu pengamanan natal dan tahun baru, oleh sebab itu kepolisian menggelar kegiatan Operasi Lilin Jaya 2022. Ini merupakan kegiatan operasi kepolisian terpusat,” ujar Zulpan.

Zulpan mengatakan, sebelum pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2022, pihaknya akan melakukan gelar apel pasukan pada 22 Desember 2022.

“Kemudian kegiatan ini juga pada tanggal 22 Desember akan dilakukan gelar pasukan yang direncanakan di Monas dipimpin oleh Bapak Kapolri, kemudian tanggal 23 sudah dimulai operasi,” tuturnya.[ZUL]

BEKASI TOP