Bekasi Online

Dinkop UKM Gelar Kuliner Khas Karawang di Resinda Food Fest

Dinkop UKM Kabupaten Karawang gelar kuliner khas Karawang di Resinda Food Fest, mulai 15 – 18 September 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang berupaya untuk memperkenalkan lebih luas kuliner khas Karawang kepada masyarakat di Resinda Food Fest.

Kuliner khas Karawang yang disajikan pada Gelar Kuliner Karawang di Resinda Food Fest di antaranya Sangtau, Soto Tangkar, Bandeng Gepuk, Pepes Ikan Jambal, Bubur Ayam Cilamaya, Surabi Hijau dan sejumlah aneka kuliner olahan Tutut.

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh dalam sambutannya mengatakan gelar kuliner khas Karawang ini berlangsung mulai 15 – 18 September 2022.

Wabup mengatakan kuliner Karawang kaya akan cita rasa. Seperti Sangtau atau Sangu Tahu (Nasi dan Tahu), makanan ini bisa menjadi pilihan untuk disantap kapan saja. Baik untuk sarapan, makan siang hingga makan malam.

“Perpaduan nasi panas dengan tahu yang dilumuri bumbu kacang dan racikan rempah-rempah, membuat Sangtau ini bisa dinikmati kapan saja,” kata Wabup.

Lalu, ada Soto Tangkar Karawang. Soto Tangkar Karawang tak hanya menggunakan daging Iga Sapi saja, tapi juga diambil dari kulit dan daging bagian kaki sapi, serta terdapat potongan urat sapi muda, yang saat dikunyah, terasa kenyal dan renyah. Cita rasa Soto Tangkar Karawang semakin kuat dengan kuah yang gurih dengan rempah-rempah.

Selain makanan berat, lanjut Wabup, kuliner khas Karawang juga ada surabi hijau. Camilan manis ini sangat melegenda di kalangan masyarakat. Surabi Hijau Karawang banyak digemari karena memiliki rasa manis.

Makanan berwarna hijau pandan ini juga semakin nikmat dengan tambahan kuah gula merah dengan rasa original atau dengan aroma durian.

Dalam gelar kuliner Karawang dihadiri Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Asisten Daerah II Karawang, Kepala Dinas UKM Karawang, Kapolres Karawang yang diwakili dan Dandim 0604 Karawang yang diwakili.

Dalam acara gelar kuliner tersebut juga ada penyerahan bantuan bagi pelaku usaha UMKM yakni bantuan gerobak, freezer frozen, alat masak, tenda, alat perbengkelan dan alat salon. [DIN]

BEKASI TOP