posbekasi.com

Polda Metro Terapkan CFN Cegah Kerumunan Malam Tahun Baru

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario crowd free night (CFN) untuk mengantisipasi kerumunan pada malam Natal dan tahun baru.

“Persiapan untuk malam Natal dan tahun baru rencana kami adakan crowd free night,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa 30 November 2021.

Sambodo mengatakan CFN dirasa perlu diterapkan saat malam Natal juga di malam tahun baru untuk mencegah kerumunan terkait pandemi COVID-19 yang belum usai.

“Kami akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru, walaupun saat ini sudah PPKM level 1,” jelasnya.

Lebih jauh Sambodo menjelaskan, aparat kepolisian akan menerapkan CFN di sejumlah lokasi yang dinilai kerap dipakai untuk perayaan pergantian tahun. Penerapan CFN akan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

“Tidak hanya di Jalan Sudirman-Thamrin, tapi juga tempat-tempat yang sering diadakan Tahun Baru juga kami adakan crowd free night seperti Ancol, Taman Mini, Kota Tua, Kemayoran, Kemang, Barito, BKT, lokasi-lokasi yang sering jadi perayaan pergantian tahun akan kami laksanakan crowd free night,” terangnya.

“Rencana laksanakan dari 19.00 WIB sampai 04.00 WIB,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sambodo menyebut pihaknya tidak akan melakukan penyekatan di ruas-ruas jalan di Jakarta. Pihaknya berencana akan mendirikan sejumlah check point untuk melakukan pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) kepada para pengguna jalan.

“Natal tak ada penyekatan, tapi kami akan laksanakan check point. Tapi apa yang kami cek, kami tunggu pemerintah apakah SIKM atau cukup dengan PeduliLindungi atau tempel stiker. Detail akan kami sampaikan jelang tanggal 24 Desember saat dimulai Operasi Lilin,” tandasnya.[ZUL

BEKASI TOP