posbekasi.com

Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Tumpas Kejahatan Jalanan

Penutupan pelatihan Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya, Selasa 30 November 2021. [Posbekasi.com /Zulkarnain]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mengatakan peningkatan kemampuan “Tim Patroli Perintis Presisi” Polda Metro Jaya tumpas kejahatan jalanan.

Menurut Fadil melalui pelatihan para anggota di lapangan dibekali dengan sejumlah pengetahuan dan peralatan saat menjalani patroli. Sebanyak 150 personel kepolisian terlibat dalam pelatihan gelombang pertama tersebut.

“150 personel, nanti akan ada gelombang kedua dengan jumlah yang sama jadi totalnya 300,” kata  Fadil pada penutupan pelatihan Peningkatan Kemampuan “Tim Patroli Perintis Presisi” gelombang pertama  di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Selasa 30 November 2021.

Dikatakannya, pelatihan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi patroli yang selama ini ditinggalkan, sesuai dengan kemampuan patroli biologis yang baik.

“Jadi, kami ingin membalikkan fungsi patroli ini yang selama ini cenderung ditinggalkan, kami ingin aktifkan lagi patroli,” imbuh IrjenPol Fadil.

Personel perintis dibekali K9 (anjing pelacak), kemudian mobil komando dengan peralatan teknologi kepolisian, termasuk di dalamnya ada tes narkoba, tes alkohol, serta alat untuk mengetahui identitas seseorang.

“Bagaimana cara patroli yang bagus, bagaimana cara berbicara yang bagus, bagaimana cara identifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kejahatan,  bagaimana dia mengintervensi situasi agar tidak menimbulkan kejahatan, itu yang kami lakukan,” tegas IrjenPol Fadil.

Fadil berharap pelatihan ini dapat menurunkan angka kejahatan di ibu kota dan personel di lapangan tidak kalah mobilitasnya dengan para pelaku kejahatan saat beraksi.

“Karena banyak pelaku menggunakan roda dua yang mobilitasnya lebih cepat kalau kabur,” ujarnya.[COK/ZUL

BEKASI TOP