Turunkan Stunting, Pemkab Bekasi Ajak Anak-anak Gemar Makan Ikan

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bekasi, mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sebagai upaya mendukung penurunan angka stunting.

“Kegiatan kampanye Gemarikan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak dan orang tua agar dapat membudayakan makan ikan setiap hari dalam pemenuhan gizi keluarga,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Juhandi usai menghadiri kegiatan Gemarikan di SDN Sukadami 01 di Kecamatan Cikarang Selatan, Rabu (22/7/2020).

Menurut Juhandi, apabila hal ini dilakukan secara konsisten dan massif, maka proses pembiasaan konsumsi ikan akan berjalan dengan lancer. Anak-anak dan orang tua pun akan paham bahwa ikan adalah panganan yang sehat.

“Dan mereka akhirnya betul-betul akan menggemari ikan. Karena ikan ini tidak mengandung bahaya. Tidak ada pembesaran ikan yang memakai suntik, sehingga benar-benar sangat menyehatkan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bekasi, Agus Trihono menambahkan mengkonsumsi ikan akan sangat baik dalam pencegahan gagal tumbuh tubuh dan otak atau stunting. Ikan dapat dikampanyekan menjadi salah satu sumber gizi selain telur ayam kampung dan susu

“Untuk meningkatkan anak-anak mengkonsumsi ikan, maka ikan dapat diolah menjadi berbagai makanan olahan seperti nugget, sosis, biskuit dan sebagainya. Sehingga anak-anak tidak jenuh. Maka itu peran orang tua sangat diharapkan dalam memberikan ikan sebagai makanan setiap hari di keluarga,” tuturnya.[RIK]

Pin It

Comments are closed.