posbekasi.com

Pemdes Babelan Kota Gencar Target Herd Immunity Geliatkan Perekonomian

Tenaga medis saat melakukan vaksinasi untuk warga Babelan Kota (kiri), Kepala Desa Babelan Kota David Saidih (kanan) memantau langsung serbuan vaksinasi masal di Aula Desa Babelan Kota, Jalan Gelora nomor 1, Sabtu (28/8/2021). [Posbekasi.com /Ghajali Hasibuan]

POSBEKASI.COM | BABELAN KOTA – Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi, Desa Babelan Kota kembali melakukan vaksinasi massal bersama TNI, Polri, Pemda dan Dinkes, bertajuk “Serbuan Vaksinasi Masal” digelar di Aula Desa Babelan Kota, Jalan Gelora nomor 1, Sabtu (28/8/2021).

Kepala Desa Babelan Kota, David Saidih didampingi Sekretaris Desa Supriadi, mengatakan vaksinasi masal ini merupakan program Nasional untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia khususnya di di Babelan Kota menjadi agenda untuk menjadikan ikhtiar sehat bagi warga.

“Serbuan Vaksinasi Masal menyasar warga usia 18 tahun ke atas, dengan kuota 500 peserta,” kata Kades David sapaan warga yang ramah senyum.

Menurut David, dua jam pendaftaran dibuka langsung penuh menunjukkan bahwa antusias warga untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi. Ini dikarenakan Pemerintah Desa (Pemdes) sebelumnya gencar melakukan sosialisasi melalui media sosial dan turun langsung ke wilayah untuk menginformasikan penyelenggaraan vaksinasi gratis.

“Kita sudah menyiapkan semua sarana prasarana untuk peserta vaksinasi, mulai dari kantong-kantong parkir, tenda-tenda untuk antrian, dan ruang tunggu. Semua berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan (prokes),” ucap David.

Sementara, Sutaji salah seorang warga Perumahan Graha Harapan Regency yang ikut vaksin mengapresiasi kegiatan vaksinasi masal yang diselenggarakan Pemdes Babelan Kota.

“Alhamdulillah, sangat apresiasi kegiatan vaksinasi masal. Prokes tetap diperhatikan dan prosesnya tidak rumit, sangat mudah,” ungkap Sutaji .

Sebelumnya, David menuturkan terbentuknya Vaksin Covid-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil. Vaksin Covid-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat.

*Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya. Selain itu, manfaat vaksin Covid-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit Covid-19 kegiatan sosial dan ekonomi,” pungkas Kades David.[JAL]

BEKASI TOP