Kawasan Industri Terbesar Asia Tenggara di Kabupaten Bekasi Tapi Penduduknya Banyak Pengangguran

Kawasan Industri Jababeka.[NET]

POSBEKASI.COM | KABUPATEN BEKASI – Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja bersama Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi sosialisasikan Peraturan Bupati Bekasi No.09 Tahun 2019 tentang Kesempatan Kerja di Padang Golf Cikarang, Jababeka, Cikarang Timur, Selasa (16/7/2019).

Sosialisasi yang diperuntukan bagi perusahaan-perusahan yang berada di Kawasan Industri Jababeka (KIJ), Bupati Bekasi beserta rombongan disambut langsung Pengelola KIJ, SD Darmono bersama pengusaha dan HRD Manager pelaku industri di KIJ.

Dikutip dari laman bekasikab.go.id, Darmono menyambut baik gagasan Bupati Bekasi dalam upaya penyerapan tenaga kerja dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurut Darmono, sungguh ironi yang terjadi saat ini di Kabupaten Bekasi. Kabupaten yang memiliki kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Namun penduduknya banyak yang jadi pengangguran.

“Untuk itu kami siap bekerja sama dengan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi,” ujar Darmono.

Bupati Bekasi, Eka Supria mengatakan sosialisasi yang dilakukan untuk memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat Kabupaten Bekasi. Yang selama ini tidak tahu jika ada lowongan kerja di perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bekasi.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan perusahaan-perusahaan dapat memberikan informasi lowongan kerja  ke Disnaker dan Disnaker memberi tahukan kepada masyarakat yang Kabupaten Bekasi,” ujar Eka.

Lebih lanjut Bupati mengatakan Pemkab Bekasi sudah memiliki MoU dengan para peñgusaha untuk menyerap tenaga kerja Kabupaten Bekasi sebanyak 30% dan Perda Ketenaga kerjaan dan sekarang Perbup No.09 Tahun 2019.

“Tentunya kita juga harus meningkatkan attitude dan skill masyarakat Kabupaten Bekasi yang ingin mendapatkan pekerjaan,” katanya.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Bekasi akan terus mengupayakan meningkatkan attitude dan skill masyarakat Kabupaten Bekasi melalui Balai Latihan Kerja.

Selain membahas masalah ketenaga kerjaan, Bupati Bekasi juga memaparkan pembangunan moda transportasi yang mengintegrasi 10 kawasan industri.

“Jika kita memiliki moda transportasi yang baik. Yang menghubungkan semua kawasan industri. Bukan tidak mungkin, Kabupaten Bekasi menjadi tempat wisata industry,” harapnya.[RIK/POB]

Pin It

Comments are closed.