Lestarikan Budaya, Mustikajaya Gelar Festival Bedug dan Dondang

Mustikajaya menggelar Festival Bedug di Lapangan Mini Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Ahad (14/7/2019).[IST]

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Kecamatan Mustikajaya kembali menggelar Festival Bedug yang ke-14, di Lapangan Mini Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Ahad (14/7/2019).

Kegiatan rutin tahunan ini merupakan upaya melestarikan budaya Betawi di Kota Bekasi, di tengah perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

“Budaya bisa semakin tergerus, kalau di tengah perkembangan zaman tidak ada upaya melestarikannya. Namun melalui festival ini, kami harap dapat menumbuhkan rasa cinta akan kelestarian kebudayaan Bekasi,” kata Camat Mustikajaya Gutus Hermawan.

Menurut Gutus, acara ini bisa terselenggara berkat gotong royong warga yang membuat persiapan secara swadaya menghiasi bedug dan dondang.

Acara ini menuai respon positif, terlihat dari antusiasme warga yang memadati lokasi acara.

Festival dimeriahkan dengan parade yang diikuti masing-masing kelurahan di wilayah Kecamatan Mustika Jaya, Kelurahan Mustika Jaya, Kelurahan Mustikasari, Kelurahan Cimuning, dan Kelurahan Pedurenan. Setiap kelurahan juga mendirikan booth rumah tradisional Betawi dengan hiasan dan aksesori khasnya.

Sekolah-sekolah di lingkungan Mustikajaya pun turut berpartisipasi memeriahkan acara. Tak ketinggalan, keikutsertaan  Karang Taruna yang menyuguhkan atraksi dengan keunikan tersendiri, mulai dari mawaris, tanjidor, rebana, pencak silat, hingga drum band.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan festival ini merupakan kegiatan melestarikan budaya dan membangun karakter masyarakat Kota Bekasi agar lebih mencintai budayanya sendiri.

“Ke depannya, jangan hanya di Mustikajaya, tetapi kecamatan lain juga menggelar acara serupa,” katanya.[ISH/POB]

Pin It

Comments are closed.