Bekasi Online

Kunjungi KPU, Fadli Zon Cek ‘Situng’ yang Sering Salah Input

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.[NET]
POSBEKASI.COM | JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengecek pengoperasian Sistem Informasi Perhitungan (Situng) yang dinilai kerap menampilkan informasi yang tidak akurat akibat salah input hasil sementara rekapitulasi perhitungan suara Pilpres 2019.

Fadli yang juga anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengecek langsung sistem yang bisa diakses publik di website KPU itu ke KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

“Ini sudah menjadi perbincangan di masyarakat, banyaknya salah input yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan,” ujar Fadli di lokasi, Jumat, 3 Mei 2019.

Fadli mengunjungi KPU bersama Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria yang juga anggota BPN. Fadli ingin mengetahui bagaimana secara teknis, KPU mengoperasikan Situng.

“Bagaimana mekanisme yang namanya (formulir) C1 dan berita acara itu disampaikan, bagaimana IP addressnya, siapa orang-orang yang melakukan inputnya, di mana melakukan input,” ujar Fadli.

Fadli juga mengungkapkan, dengan melihat langsung teknis Situng bekerja, ia lantas dapat menilai aspek yang membuat salah input Situng yang bisa membuat persepsi masyarakat terhadap paslon peserta Pilpres 2019 menjadi salah. Fadli tak menutup kemungkinan DPR bisa saja meminta KPU menghentikan pengoperasian Situng jika hasil kunjungannya menyimpulkan sistem itu tidak baik.

“Kalau nanti misalnya (Situng) ini tidak dilakukan dengan satu standar yang transparan dan akuntabel, tentu kita harus mengambil langkah-langkah lain,” ujar Fadli. [VIVA]

BEKASI TOP