posbekasi.com

Di Ciamis, Menhan Serukan Persatuan dan Puji Aksi 212

Gerbang Selamat Datang Ciamis Manis.[IMA]
CIAMIS | POSBEKASI.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mendatangi Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari, Kabupaten Ciamis, Jumat (24/8).

Pondok pesantren ini diasuh oleh KH Nonop Hanafi, penggerak aksi jalan kaki dari Ciamis ke Jakarta saat Aksi 212.

Ryamizard menyambangi salah satu pesantren terbesar di Ciamis itu dalam rangka sosialisasi nilai kebangsaan dan bela negara. Di sana, ia menyerukan agar masyarakat menghindari perpecahan dan disintegrasi antarumat beragama.

Ryamizard menganggap tidak sepatutnya orang yang beragama menyalahkan dan membuat klaim kebenaran sekaligus memaksakan kehendak kepada orang lain memeluk agama yang dianutnya. “Ciptakanlah kerukunan dalam beragama karena bagimu agamamu, bagiku agamaku, dan bagi kita agama kita,” katanya.

Secara khusus, Ryamizard mengapresasi Aksi 212 di Jakarta pada 2016. Menurutnya, aksi tersebut mampu menunjukan citra Islam sebagai agama yang damai. Ia pun kagum ketika peserta aksi ikut menjaga lingkungan.

Ryamizard mengatakan, dia melihat secara langsung di lapangan bagaimana umat Muslim bersinergi guna menjaga keamanan saat Aksi 212. Kebersihan lingkungan juga terpelihara dengan tidak adanya satupun tanaman yang rusak serta sampah yang dibuang pada tempatnya.

KLIK : Pemprov Jabar Bahas Tata Ruang Tol Dalam Kota Bandung

“Di sinilah letak nilai-nilai Islam yang sesungguhnya, yakni membawa kedamaian dan berkah bagi alam semesta,” ujarnya.

Menhan juga berpesan agar Muslim tak mudah terpancing oleh kelompok manapun yang berniat merusak persatuan bangsa. Ia mengingatkan persatuan ialah modal dasar kemajuan bangsa.

“Jangan mau terpancing oleh orang-orang atau golongan dimana pun dia berada yang tidak menguntungkan persatuan dan kesatuan bangsa dan itu adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi kalau mau menjadi unggul,” ucapnya.

Menhan juga menyoroti mengenai kasus terorisme yang menjadi salah satu ancaman bangsa. Ia meminta semua lapisan bangsa mengecam aksi terorisme karena bertentangan dengan nilai Islam.

“Dosa terbesar manusia yang tidak akan pernah diampuni oleh Allah adalah perbuatan bunuh diri. Apalagi sudah bunuh diri kemudian membunuh orang lain,” tuturnya.[republika]

BEKASI TOP