Bekasi Online

Walikota: Partisipasi Masyarakat Ujung Tombak Raih Adipura 2018

Walikota Bekasi Rahmat Effendi pada diskusi program pemerintah untuk memperoleh Adipura 2018, Rabu 30 Agustus 2017.[IST]
POSBEKASI.COM, BEKASI – Partisipasi masyarakat ujung tombak dan menjadi bagian penting dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi penilaian Adipura 2018, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar kegiatan di hutan kota untuk melakukan diskusi dengan masyarakat dan juga para pemerhati lingkungan serta evaluasi sejauh mana peran serta masyarakat didalam mendukung program pemerintah untuk memperoleh Adipura 2018, Rabu 30 Agustus 2017.

Hadir dalam Kegiatan tersebut Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Kadis LH, Camat dan Lurah Se- Kota Bekasi serta pembicara dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, tokoh Penggerak Lingkungan, Dr.Soni Teguh dan tokoh muda pemerhati lingkungan, P.Mardani.

Dalam diskusi tersebut, camat diminta untuk memaparkan kondisi yang ada di wilayahnya, program-program dan partisipasi masyarakat seperti apa dalam upaya mensukseskan perolehan piala Adipura 2018.

Salahsatu camat, Tajudin, menyampaikan program-program yang sudah diterapkannya di wilayah Kecamatan Bekasi selatan yaitu mengajak masyarakat untuk  kerja bakti setiap hari sabtu, dan untuk hari minggu kerja bakti massal di lingkungannya masing-masing serta pembentukan satuan petugas (satgas) penyapu , terangnya.

Sementara Walikota Bekasi mengatakan , bahwa perolehan piala adipura yang diharapkan Kota Bekasi, dimulai dari bentuk perubahan budaya masyarakat terhadap kepedulian lingkungannya. Evaluasi terus menerus sangat penting dilakukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan, terangnya.

Pemahaman melalui berbagai macam pendekatan termasuk budaya terus dilakukan kepada masyarakat untuk bisa peduli terhadap sampah dan bahkan sebisa mungkin mengurangi produksi sampah yang dibuang ke TPA.

Masyarakat bisa memanfaatkan Bank Sampah yang sudah ada.  “Kalau sudah demikian, rasa-rasanya tidak ada alasan bagi Kota Bekasi untuk tidak meraih Piala Adipura tahun depan,” tegas Walikota.

Hal senada juga disampaikan oleh pengamat persampahan Dr.Sony Teguh bahwa  sudah ada peluang bagi Kota Bekasi untuk meraih Adipura.

Dirinya berharap pemerintah melakukan kegiatan seperti ini ke tingkat kelurahan dan RW/RT sehingga masyarakat juga betul-betul dapat memahami program pemerintah khususnya dalam rangka perolehan Adipura 2018,” tandasnya.[adv/humas]

BEKASI TOP