Bekasi Online

Inggrid Kansil: Warung Muslimah IPEMI Pemberdayaan Ekonomi Umat Entaskan Kemiskinan

Ketum IPEMI Inggrid Kansil bersama pengurus saat meresmikan Warung “Ummi” Muslimah di Blok E BTR Mustika Jaya, Rabu 30 Agustus 2017.[RCH]
POSBEKASI.COM, BEKASI –  Warung Muslimah IPEMI merupakan salah satu program Nasional Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) yang menjadi bagian dari “Gerakan Muslimah Membangun” telah dicanangkan IPEMI Pusat.

“Warung Muslimah merupakan program IPEMI di seluruh Indonesia dengan tujuan mengupayakan pemberdayaan ekonomi umat, serta  merupakan salah satu upaya memperkuat ketahanan ekonomi rakyat yang dapat memberikan kontribusi dalam hal meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mengentaskan kemiskinan,” kata Ketu Umum IPEMI Inggrid Kansil pada peresmian 30 warung mulimah dan 3 salon muslimah di Bekasi Selatan, Rabu 30 Agustus 2017.

Sekalipun setiap warung hanya menyerap tenaga kerja satu atau dua orang lanjut Inggrid Kansil, namun program ini dilakukan secara nasional yang dapat dipastikan akan memberikan kontribusi sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Dengan adanya Warung Muslimah IPEMI, IPEMI juga berperan untuk mendorong tegaknya ekonomi dan ketahanan keluarga. Bukan hanya kepada kaum Ibu saja, tetapi juga suami dan anak-anaknya. Mereka berperan sebagai penjual, berwirausaha, bukan sekedar pelayan dari para pemilik modal, tapi betul-betul mendorong masyarakat untuk berwirausaha,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ingrid Kansil mengapresiasi IPEMI Cabang Bekasi yang sudah mendirikan 30 warung muslimah dan diresmikan di Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi, setelah IPEMI Makassar, Bandung, Palembang dan daerah-daerah lain yang sudah meresmikan warung muslimah lebih dahulu.

Inggrid Kansil menghaturkan terimakasihnya pada pihak-pihak yang membantu hingga terlaksananya pembentukan warung-warung muslimah IPEMI diberbagai daerah sebagai upaya membantu pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Inggrid berharap program warung muslimah di Bekasi ini dapat ditindaklanjuti dalam hal pembinaan berupa bantuan modal baik dari pemerintah,perbankan, CSR perusahaan. Warung Muslimah IPEMI Bekasi adalah hasil dari kerjasama antara IPEMI, Pemko Bekasi serta BPRS Patriot (Bank Pengkreditan Rakyat Syariah) Patriot dengan Dirut Syahriel.

“Jika ini dilakukan secara kontinyu, maka dapat dipastikan kebersamaan dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas para pelaku UKM muslimah lebih optimal lagi,” ucapnya.

IPEMI menyadari, banyak tantangan yang dihadapi khususnya semakin meningkatnya persaingan dan tentunya persaingan tersebut disatu sisi akan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Peningkatan produk dalam arti kata kebersihan, tampilan warung yg harus dijaga, serta produknya yg harus dijamin halal.

“Terkait pelayanan adalah ketepatan, kecepatan serta lingkungan yang harus nyaman, agar tidak terlampau jauh kondisinya, toko-toko retail modern lainnya. Hingga semua ini akan mendorong peningkatan penyerapan tenaga Kerja serta menurunkan tingkat kemiskinan,” katanya.

Usai dari PC Bekasi, Inggrid Kansil bersama rombongan meresmikan warung muslimah “Ummi” di Perumahan Bekasi Timur Regensi (BTR) Blok E, Jalan Elang 4, Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi.

Warung Ummi merupakan penggagas warung muslimah di Kecamatan Mustika Jaya diharapkan menjadi inspirasi bagi kaum perempuan khususnya muslimah untuk berperan dalam dunia usaha.

Dalam kesempatan tersebut Inggrid Kansil dan Ketua PC IPEMI Mustika Jaya Rosita Romza membuka sekaligus meresmikan Warung Muslimah “Ummi” milik Lestianingsih di BTR ditandai dengan pengguntingan pita.[REL/RCH]

BEKASI TOP