Bekasi Online

Polsek Muara Gembong Tanam 10 Ribu Magrove di Muara Beting

Wakapolsek Muara Gembong Iptu Rusbrata dan Kanit Binmas Ipda Andi Suprayogi sebelum melakukan penanaman pohon di Muara Beting, Desa Pantaii Bhakti.[OJI]
Wakapolsek Muara Gembong Iptu Rusbrata dan Kanit Binmas Ipda Andi Suprayogi sebelum melakukan penanaman pohon di Muara Beting, Desa Pantaii Bhakti.[OJI]
POSBEKASI.COM – Polsek Muara Gembong bersama Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLHD) Jawa Barat, melakukan penghijauan dengan menanama magrove sebanyak 10.000 pohon di Kampung Muara Beting, RT01/01, Desa Pantai Bhakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Kamis 20 April 2017.

Penanaman pohon tersebut dihadiri Waka Polsek Muara Gembong Iptu Rusbrata dan Kepala BPLHD Jabar Anang Sudarna. Tampak juga hadir Camat Muara Gembong, Kades Pantai Bhakti  H Winta, Kanit Binmas Ipda Andi Suprayogi, para tokoh masyarakat dan perwakilan beberapa perusahaan.

Penanaman pohon magrover tersebut sebelumnya dilakukan dari garis pantai kawasan Industry Jababeka 1 hingga ke Pantai Bhakti yang akan diteruskan ke Pantai Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang.

“Penananaman pohon mangrove ini memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan,” kata Iptu Rusbrata.

Dikatakannya, mangrove juga salahsatu manfaat pencegahan erosi yang merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut.

“Karena itu sangat penting untuk kehidupan masyarakat di pantai. Manfaatnya snagat besar untuk itu kita wajib menjaga lingkungan di pantai dengan menanam mangrove dapat mengtasi erosi,” katanya.[OJI]

4.

BEKASI TOP