Bekasi Online

Kala Kasi Humas Pimpin Cipkon Setu

Operasi Cipkon Polsek Setu.[HSB]
Operasi Cipkon Polsek Setu.[HSB]
POSBEKASI.COM – Meski sehari-harinya disibukan untuk membuat laporan dan melayani wartawan dalam memberikan informasi setiap kegiatan yang dilakukan Polsek Setu. Tapi sebagai anggota Bhayangkara, Kasi Humas Polsek Setu Aiptu Parjiman tetap wajib melaksankan tugasnya untuk berjaga dan berpatroli.

Seperti pada Sabtu 29 Oktober 2016 sampai Minggu 30 Oktober 2016 dinihari, Aiptu Parjiman memimpin pengendalikan anggota dalam melaksanakan operasi Cipta Kondisi (Cipkon) di wilyah hukum Polsek Setu.

Bersama anggota yang dilengkapi dengan senjata laras panjang dan mengikut sertakan Pokdar Kamtibmas, Aiptu Parjiman menyisir seluruh wilayah terutama menyentuh daerah-daerah yang dianggap rawan.

Giat operasi Cipkon dengan berpatroli itu terus dilaksanakan sesuai perintah Kapolsek Setu AKP Agus Rohmat,SH, guna memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat di malam hari.

Operasi Cipkon pantau sejumlah ATM.[HSB]
Operasi Cipkon pantau sejumlah ATM.[HSB]
Hal ini juga untuk mematuhi kebijakan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan, agar seluruh anggota menjalankan PATH (Peka Antisipatif Tegas Humanis).

“Bahwa tugas ini untuk mencegah pelaku kejahatan. Patroli mobile merupakan tindakan cepat untuk menyisir seluruh wilayah dalam mengantisipasi segala bentuk tindak kejahatan,” kata Aiptu Parjiman.

Seraya menjalankan gerakan Positif (Polisitis Aktif Silaturahmi), pada Cipkon malam hari juga pasukan yang mobile ke desa-desa itu menghampir warga baik yang masih berkumpul, berdagang maupun yang sedang berjaga seperti di rumah sakit, SPBU, ATM dan minimarket yang buka 24 jam.

“Kita mampir menanyakan situasi malam itu, apakah ada gangguan atau tidak. Bila semua aman dan terkendali, kita lanjutkan ke desa lain untuk memastikan semua aman dan nyaman,” tutur Parjiman, Minggu 30 Oktober 2016.

Pengamanan di minimarket yang buka 24 jam.[HSB]
Pengamanan di minimarket yang buka 24 jam.[HSB]
Ketua Pokdar Kamtibmas Setu, Riky bersama anggotanya kerap turut mendampingi Polisi yang melaksanakan Cipkon. “Kita selalu dikutsertakan mendampingi operasi Cipkon yang dilakukan Polsek Setu. Sebagai bentuk kepedulian kita terhadap Kamtibmas,” kata Riky.

Operasi Cipkon yang beranggotakan 8 anggota kepolisian dan dua anggota Pokdar, malam hingga Minggu pagi tadi semua berjalan aman dan kondusif tidak ditemukan adanya tindak kejahatan.

“Meski aman, kita tetap menjalankan program Kaplri yakni Promoter (profesional modern dan terpercaya) melakukan antisipasi, tanggap terhadap sesuatu yang sedang atau akan terjadi dimulai dari mengamati, meneliti, pengaruh perubahan sosial dan budaya, terlebih saat ini memasuki musim kampanye Pilkada Kabupaten Bekasi, dijadikan pedoman dalam menentukan tindakan dengan cara komunikasi persuasif,” katanya.[HSB]

BEKASI TOP