Bekasi Online

Rahmat Effendi Optimis Kota Bekasi Raih Adipura 2017

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, saat memanjat tembok pembatas wilayah Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede.[IDH]
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, saat memanjat tembok pembatas wilayah Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede.[IDH]
POSBEKASI.COM – Setelah mendapat sertifikat Adipura, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, optimistis Pemko Bekasi meraih penghargaan Adipura sebagai kota metropolitan terbersih pada 2017 mendatang.

“Penilaian Adipura Pemkot Bekasi periode 2015/2016 hanya terpaut selisih sekitar lima poin. Satu langkah lagi plakat Adipura bisa kita raih,” kata Rahmat Effendi di Bekasi, Senin (25/7/2016).

Dikatakannya, standar nilai Adipura kali ini lebih dari 70 poin, namun Pemkot Bekasi hanya meraih 64,84 poin pada penilaian 2015/2016.

Menurut Rahmat,  kinerja aparatur dalam meraih Adipura setiap tahunnya selalu menunjukan progres yang positif melalui sejumlah kebijakan pengadaan sarana dan prasarananya.

“Pada periode 1999-2008 saya masih ingat truk sampah kita hanya ada kurang dari 90 unit. Dampaknya evakuasi sampah dari hulu ke hilir hanya kurang dari 20 persen,” katanya.

Namun hingga 2016, kata dia, jumlah truk sampah yang dimiliki Pemkot Bekasi terus bertambah menjadi 164 unit dengan tingkat pengangkutan sampah dari pemukiman penduduk menuju Tempat Pembuangan Akhir Sumurbatu mencapai 60 persen.

Upaya untuk meraih Adipura 2017 juga dilakukan dengan mendorong sikap aparatur pemerintah daerah sebagai contoh bagi masyarakat untuk menyukseskan target tersebut. “Perubahan harus dimulai dari cara berpikir aparaturnya agar menjadi contoh bagi masyarakat untuk peduli dengan lingkungan,” katanya.[IDH]

BEKASI TOP