Bekasi Online

Pokdar Polsek Setu Bertekad Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman

Pokdar Kamtibmas Polsek Setu.[Uan]
Pokdar Kamtibmas Polsek Setu.[Uan]
POSBEKASI.COM – Kelompok sadar (Pokdar) keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) mengajak seluruh anggota masyarakat untuk membantu Polri dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman demi terciptanya Kamtibmas.

“Seluruh masyarakat dan khususnya rekan-rekan yang tergabung dalam Pokdar lebih giat lagi membantu Polri dibidang sosial, keamanan dan ketertiban,” kata Ketua Pokdar Kepolsian Sektor (Polsek) Setu, Polresta Bekasi, Riky sesaat terpilih sebagai ketua untuk periode 2016-2018, di Bekasi, Minggu (21/2/2016).

Riky terpilih dalam pemilihan pengurus Pokdar Setu yang dilangsungkan Sabtu (20/2/2016), di Mushola At Taqwa Polsek Setu, dihadiri 33 orang anggota Pokdar juga tampak hadir sesepuh Pokdar Setu H.Warja SPd.MM, Sudiro pensiunan anggota Polsek Petu, Pelda Seno dan tokoh Pokdar lainnya yakni, Awi, Setiadi, Danu Setiawan, Robi dan Setiadi yang merupakan ketua periode 2014-2016.

Menurut Riky, sebagai mitra Polri khususunya Polsek Setu, gerakan kamtibmas yang dibangun Polri harus tetap berjalan dan seluruh anggita wajib memberikan contoh kamtibmas ditengah lingkungan masing-masing.

“Sebagai Pokdar kita harus memberikan contoh pada lingkungan masing-masing, dan wajib menciptakan kamtibmas bersama Polri. Pokdar bersama Polri bertekad memberikan keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat,” tuturnya.

Kanit Reskrim Polsek Setu saat memberikan arahan pada anggota Pokdar Kamtibmas.[Uan]
Kanit Reskrim Polsek Setu saat memberikan arahan pada anggota Pokdar Kamtibmas.[Uan]
Sementara, Kapolresta Bekasi Kombes Pol M Awal Chairudin, melalui Kapolsek Setu AKP Agus Rohmat yang disampaikan Kasi Humas Polsek Setu Aiptu Parjiman, menyatakan peran Pokdar selama ini dalam membantu Polri dan sangat positif dalam memberikan kontribusi menciptakan kamtibmas.

“Kita apresiasi keberadaan Pokdar ini, perannya membantu Polri sangat dirasakan sekali baik turut menciptakan kamtibmas juga membantu Polri saat melakukan operasi cipta kondisi yang selama ini terus digelar Polsek Setu,” kata Parjiman.

Sebagaimana tertuang dalam Skep Kapolri No : SKEP/661/XI/1992 tanggal 26 November 1992 untuk pengesahan Juklap No. : JUKLAP/42/XI/1992 tanggal 26 November 1992 tentang pembentukan Pokdar Kamtibmas dan telah di adendum dengan No : SKEP/831/XI/2005 tanggal 25 November 2005, Pokdar Kamtibmas adalah organisasi sosial yang tidak komersial dan bukan merupakan organisasi partai politik atau golongan.

Esensinya, Pokdar Kamtibmas ini merupakan kesadaran akan personil Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk dalam pemantauan dan pengawasan di kewilayahan, maka pada era Reformasi semakin tepat apabila terus dikembangkan dan disosialisasikan sebagai penangkal ganguan Kamtibmas dengan mengajak peran serta masyarakat untuk turut peduli dalam memberikan bantuan dalam pemantauan wilayahnya dengan serta merta memberikan informasi sejak dini tentang apa yang diketahui kepada aparat Polri dan juga untuk menumbuh kembangkan hubungan yang harmonis serta keterbukaan antara masyarakat dengan Polri.[Rad]

BEKASI TOP