Inilah Gaya Gotong Royong Guru dan Murid SDN Padurenan 1

Para siswa-siswi SDN Padurenan 1 yang melaksanakan K3.

Para siswa-siswi SDN Padurenan 1 yang melaksanakan K3.

POSBEKASI.COM – Melatih kreatif anak sejak usia dini bukanlah suatu hal yang mudah, namun bila hal itu dilakukan dengan penuh kasih sayang dan perhatian yang cukup, pasti semua akan dapat berjalan dengan baik demi masa depan sang anak.

Terlebih lagi pada sang pendidik (guru), tentu dalam kesehariannya banyak menemukan anak didik dengan berbagai prilaku yang berbeda, dituntut untuk penuh kesabaran dan ketauladanan.

Olahraga bersama.

Olahraga bersama.

Dengan kesabaran, ketauladanan serta keuletan itu pula yang akan menjadikan anak didiknya sebagai generasi muda dikemudian hari akan menjadi pemimpin bangsa dan negara.

Banyak cara untuk melatih kreatif anak, seperti yang dilakukan SDN Padurenan 1, Kota Bekasi, dengan melaksanakan K3 (kebersihan, keindahan dan keamanan) sebagai aksi bersih-bersih sekolah merupakan kretifitas positif bagi murid-murid.

Para guru berselfi ria.

Para guru berselfi ria.

Aksi K3 SDN 1 Padurenan mengutamakan gotong royong untuk melatih kekompakan dan menjadikan murid-murid lebih peduli akan lingkungan.

“K3 ini hanya diikuti murid-murid kelas IV, V dan VI dan seluruh guru untuk meningkatkan kepedulian lingkungan seperi kebersihan, mulai dari ruang belajar (kelas) sampai fasilitas umum yang terdapat dilingkungan sekolah ,” kata Kepala Sekolah SDN Padurenan 1, Murtani Musyaini,S.Pd, didampingi Wali Kelas IVC, Ida Suaida,S.Pd dan para guru SDN Padurenan 1 lainnya, Minggu (21/2/2016).

Gaya bu guru dalam bercanda.

Gaya bu guru dalam bercanda.

Serunya aksi K3 ini tidak kalah dengan meriahnya gaya guru dan murid-murid saat menyapu, mengepel lantai, melap meja, kuris dan kaca jendela sampai membersihkan pekarangan atau halaman sekolah.

Dengan peralatan seadanya yang dibawa oleh murid-murid, para guru yang membimbing dan mengawasi tidak kalah hebohnya tatkala ikut mengepel lantai dan menyapu.

Aksi bersih dilapangan bola depan sekolah.

Aksi bersih dilapangan bola depan sekolah.

Tentu saja momen bahagia itu tidak dilewatkan begitu saja, para guru-guru langsung mengabadikannya dengan berselfi-ria.

Meski di hari Minggu merupakan hari libur, tetapi kegiatan yang mengutamakan gotong royong yang dimulai dengan berolahraga (senam) bersama itu menambah semangat murid-murid akan cinta lingkungan.

Aksi bersih selokan.

Aksi bersih selokan.

Sendau gurau dan canda kepolosan murid-murid justru menampilkan kebahagian tersendiri bagi para guru yang begitu bahagia melihat kebebasan anak didiknya penuh keceriaan.

Para guru dan kantong sampah untuk mengangkut kotoran dilingkungan sekolah.

Para guru dan kantong sampah untuk mengangkut kotoran dilingkungan sekolah.

“Kegiatan ini memberi kesan kebersamaan antara guru dan murid, sambil bersih-bersih sekalian berolahraga senam gembira. Ini juga membuahkan pesan pada murid, dimanapun kita berada tetap menjaga kebersihan lingkungan dan diawali dari diri sendiri,” tutur sang Wali Kelas IV.[Uan]

Foto-foto kiriman Wali Kelas IVC Ida Suaida,S.Pd

Pin It

One thought on “Inilah Gaya Gotong Royong Guru dan Murid SDN Padurenan 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.