posbekasi.com

DPRD Jabar Kawal Masalah Pertambangan dan Air Tanah

Rapat kerja Komisi IV DPRD Jabar bersama Dinas ESDM Jabar di ruang rapat gedung Dinas ESDM Jabar, Kota Bandung, Kamis (24/10/2019).[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BANDUNG – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Imam Budi Hartono, mengapresiasi rencana tahun 2020 Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat yang sudah banyak inovasi inovasi didalamnya.

“Ada beberapa catatan yang diberikan oleh Komisi IV terhadap Dinas ESDM beberapa diantaranya ialah masalah pertambangan yang dinilai sampai saat ini masih terdapat tambang yang izinnya belum jelas serta masalah masalah air tanah di Provinsi Jawa Barat,” kata Imam pada Rapat kerja Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat bersama Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, di ruang rapat gedung Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (24/10/2019).

Menurut Imam, DPRD melalui Komisi IV mengajak stakeholder terkait dalam hal ini Dinas ESDM untuk terus membenahi pertambangan di Jawa Barat sehingga Provinsi Jawa Barat memiliki pertambangan yang baik.

Selain itu lanjut Imam, segala sesuatu yang berhubungan dengan ESDM akan diawasi dan dikawal oleh DPRD Jabar melalui Komisi IV.

Dalam rapat kerja tersebut juga dibahaa beberapa program progam Dinas ESDM ke depannya ialah, pemanfaatan biogas komunal untuk pengembangan program OVOP yang merupakan program gubernur Jawa Barat.

Selain itu, Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat bersama cabang dinas ESDM seluruh Provinsi Jawa Barat, akan mengawasi permasalahan tambang di Jawa Barat.

Beberapa langkah yang sudah dilaksanakan ialah telah melakukan koordinasi dengan pihak pengelola jalan transportasi jabodetabek Kementerian Perhubungan, melakukan koordinasi dengab penegak hukum untuk dapat menertibkan pertambangan ilegal.

Kemudian mendorong masyarakat untuk dapat melakukan proses perijinan untuk usaha pertambangannya. Selebihnya Dinas ESDM akan memaksimalkan urusan pertambangan baik dari aspek teknis maupun aspek administras. [POB]

BEKASI TOP