posbekasi.com

DLH Angkut Sampah Liar Bau Tak Sedap di Kebalen Babelan

Kelurahan Kebalen bersama UPTD Kebersihan Wilayah I DLH Kabupaten Bekasi mengangkut sampah liar di Jalan Raya Perjuangan RT 03 RW 01 Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Jumat 22 September 2023. [Foto; Muhamad Reza]

posBEKASI.com | BABELAN – Kelurahan Kebalen bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan Wilayah I Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melaksanakan Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) dengan melakukan pengangkutan sampah liar yang berada di Jalan Raya Perjuangan RT 03 RW 01 Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Jumat  22 September 2023.

Lurah Kebalen, Firman Arief Sembada mengatakan, untuk kegiatan K3 ini dimana terdapat tumpukan sampah liar yang  mengganggu aktivitas warga yang melintas dan menyebabkan bau tidak sedap.

“Alhamdulillah hari ini saya dengan UPTD wilayah I dari DLH Kabupaten Bekasi melakukan K3 untuk mengangkat dan membersihkan tumpukan sampah liar yang ada di wilayah RW 01,” ujarnya.

Firman menjelaskan, rencananya di wilayah tempat sampah liar tersebut dengan dilakukannya pemasangan pagar ataupun pagar keliling berguna dinilai efektif untuk mengurangi kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

“Tujuan kita dengan adanya rencana pemasangan pagar ini agar masyarakat bisa lebih tertib lagi, tidak bisa membuang sampah sembarangan dan menjadi bersih,” katanya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat melalui RT/RW agar bisa menjaga lingkungan dengan bersih dan melaksanakan K3, serta tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita himbauan kepada masyarakat jaga kebersihan lingkungan agar tidak ada lagi yang membuang sampah tidak pada tempatnya, karena kesehatan yang kita dapat tentu dari lingkungan yang memang benar-benar terjaga dengan baik yaitu bersih, indah, rapih dan tertata,” katanya.

Sementara itu, Pengawas Lapangan UPTD Kebersihan Wilayah I, Subhana menjelaskan, kurang lebih sebanyak 35 personel yang diterjunkan untuk kegiatan K3 dalam pengangkutan sampah liar tersebut.

“Untuk K3 ini kita bersihkan sampah liar yang ada di RT 03 RW 01 Kelurahan Kebalen dan kami menurunkan kurang lebih 35 personel petugas kebersihan, serta 2 unit truk dalam pengangkutan sampah,” ucapnya.

Subhana menambahkan, sampah liar ini merupakan jenis sampah organik dan anorganik yang di dekat permukiman warga dan sampah ini akan di buang ke tempat pemrosesan akhir.

“Ya, sampah-sampah liar ini kita angkut dan di buang ke TPA Burangkeng,” tandasnya. [rel/jal]

BEKASI TOP