posbekasi.com

Lifter Rahmat Erwin Pecahkan Rekor di IWF World Championship

Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan “clean and jerk” pada final angkat besi nomor 73 Kg putra SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Sabtu (21/5/2022). (Foto: Antara FOTO/Zabur Karuru/rwa)

posBEKASI.com | VIETNAM – Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, sukses mengharumkan nama bangsa di kompetisi dunia. Rahmat memecahkan rekor dunia angkat besi di IWF World Championship 2023.

Kejuaraan ini berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, Senin (11/9/2023). Rahmat turun di nomor Clean and Jerk (C&J) putra 81 kg di IWF World Championship 2023.

Di kesempatan ini, Rahmat berhasil memecahkan rekor dunia. Ia berhasil mengangkat beban seberat 209kg yang sebelumnya tidak pernah terjadi di nomor C&J Putra kelas 81kg.

Rahmat sebenarnya sempat gagal di dua percobaan pertama. Namun di percobaan ketiga Rahmat berhasil melakukan angkatan tersebut dengan sempurna dan memecahkan rekor dunia.

Dari tiga kali angkatan tersebut, peraih medali emas SEA Games 2023 itu mencatatkan angkatan 190kg, 200kg, hingga naik ke 209kg. Rahmat memecahkan rekor yang sebelumnya dibukukan oleh lifter Bulgaria, Karlos Nasar, pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021 yang kala itu mencatatkan angkatan 208kg.

Koleksi tersebut membuatnya untuk sementara unggul jauh di Grup B nomor 81kg putra. Meski berhasil memecahkan rekor, dia belum tentu bisa mendapatkan medali.

Pasalnya, sampai saat ini masih ada atlet yang masih bertanding yakni di Grup A. Dengan begitu, Rahmat masih harus menunggu hasil dari para atlet yang akan tampil di Grup A pada malam ini.

Kendati demikian, peluangnya untuk bisa merebut medali sangat terbuka. Sebab, torehan yang berhasil dia capai ini cukup luar biasa dengan salah satunya sukses memecahkan rekor dunia untuk angkatan clean & jerk.

Ini bukan kali pertama Rahmat menunjukkan prestasi di ajang IWF World Championship. Di edisi tahun 2022 kemarin Rahmat berhasil memenangkan medali emas di nomor Clean and Jerk. [rri/ant]

BEKASI TOP