posbekasi.com

Kris Susmantoro Pertahankan Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta menjadi Food Estate Terbesar

Calon Anggota DPR RI, Kris Susmantoro, SE, (tengah) dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta). [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | CIKARANG – Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Kabupaten Purwakarta merupakan daerah yang memiliki food estate atau lumbung pangan (beras) terbesar di Jawa Barat (Jabar) yang harus terus disiasati ruang terbuka dan hijau juga harus dipertahankan untuk ketahanan pangan di Jabar yang sejak dulu dikenal penghasilan beras terenak.

“Secara tak langsung ketiga kabupaten ini menjadi program food estate, seperti lumbung pangan yang dibangun oleh pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dalam negeri,” kata calon anggota (caleg) DPR RI, Kris Susmantoro, SE, dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan (dapil) Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta), dalam keterangannya, Sabtu 19 Agustus 2023.

Diketauhi, food estate masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN). Di mana Presiden Joko Widodo secara resmi menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai koordinator dalam rencana pembangunan dan pengembangan kawasan food estate pada tahun 2020.

Penunjukkan Prabowo dalam proyek food estate karena pangan merupakan bagian dari pertahanan sebuah wilayah dan menjadi kunci stabilitas sebuah negara.

“Tentu kita apresiasi untuk Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta yang setiap tahun beberapa kali melakukan panen raya. Seperti tahun 2023 ini, musim panen raya diikuti dengan peningkatan kapasitas dan stok beras tidak saja untuk Provinsi Jabar tapi juga skala nasional,” ungkap Kris Susmantoro.

Sebagai pengusaha Migas dsn UMKM, Kris Susmantoro optimis ketiga daerah dapilnya itu terus didorongnya untuk dipertahankan sebagai lumbung beras yang menjadi makanan pokok rakyat Indonesia.

“InsyaAllah bila Tuhan berkehendak dan masyarakat memilih saya sebagai wakilnya di Senayan (DPR RI), saya akan membidani para petani lebih dahsyat lagi menghasilkan surplus pangan. Tentu saja harus diikuti dengan memperhatikan kesejahteraan petani kita,” katanya. [hsb]

BEKASI TOP